BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor akan menindaklanjuti terjadinya gesekan antara petugas Dishub dengan supir kendaraan tambang di wilayah Kecamatan Parungpanjang, Kamis (4/1/2024) lalu.


Berdasarkan informasi yang disampaikan Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Dadang Kosasih, kejadian bermula pada saat petugas tengah melaksanakan giat penegakkan jam operasional kendaraan tambang. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB itu awalnya berjalan kondusif.


“Personil kami sedang melaksanakan tugas dalam penegakan Perbup No.56 Tahun 2023, yang mana waktu uji coba memasukkan kendaraan tidak bermuatan dari Kabupaten Tangerang menuju Kabupaten Bogor. Pada saat kegiatan usai, para personil menginstruksikan agar pengemudi truk tambang untuk putar balik kendaraan,” papar Dadang Kosasih, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga : Pemprov Jabar dan Pemkab Bogor Akan Kurangi Eksploitasi Tambang di Wilayah Barat


Dadang menambahkan, didasari oleh peraturan tersebut personil melakukan pemutar balikan  kendaraan angkutan tambang yang tetap ingin coba melintas ketika jam uji coba telah habis,  tetapi terdapat seorang pengemudi yang tidak terima ketika diarahkan untuk putar balik.


“Lalu ada pengemudi dengan sengaja melakukan upaya menabrakkan kendaraan yang dikendarainya ke Personil Dishub Kabupaten Bogor yang bertugas hingga petugas tersenggol badan kendaraan tersebut. Melihat kejadian tersebut, Personil kami yang lainnya langsung segera membantu Personil yang tersenggol kendaraan angkutan tambang tersebut,” tambahnya.


Akibat hal tersebut terjadilah ketegangan antara pengemudi kendaraan angkutan tambang tersebut dengan Personil Dishub Kabupaten Bogor. Diakhir keributan tersebut terdapat ancaman yang 
diberikan oleh pengemudi yang bersangkutan dengan mengeluarkan kata-kata “Awas Sia nyah, jelekeun sia kapanggih diluaran jeung aing” (“awas kamu ya, liat kamu kalo ketemu saya di 
luar”).


Menindaklanjuti kejadian tersebut, Dadang pun menjelaskan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan dan juga menindaklanjuti gesekan antara petugas dan pengemudi truk tambang.


“Akan segera kamu tindak lanjuti,” imbuhnya.