JAKARTA, CEKLISSATU - Tingkatkan sikap kritis dan perkuat wawasan nusantara, Kementerian Pendidik , Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), menggelar lomba cerdas cermat museum (LCCM) 2023.

Lomba cerdas cermat museum ini digelar dari 9-14 Oktober 2023, untuk tingkat nasional jenjang pendidikan SMP/MTs. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Fitra Arda mengatakan, peran museum tidak hanya melindungi, mengembangkan, dan menyimpan koleksi saja, namun juga perlu mengomunikasikan karya seni budaya kepada masyarakat. 

Baca Juga : Capai Kinerja Unggul dalam Pelayanan dan Keamanan Masyarakat, Polres Bogor Diganjar Penghargaan Presisi Award

“Ajang LCCM ini dapat meningkatkan cara berpikir kritis generasi muda akan topik-topik tentang kebudayaan,” kata Fitra dalam keterangannya, Rabu 11 Oktober 2023. 

“Dengan LCCM ini semoga aset-aset kebudayaan kita bisa menjadi bagian dari pembangunan. Kita tinggal menarasikan kekayaan budaya kita menjadi suatu pengetahuan yang bisa dipakai di masa kini dan masa depan,” imbuh Fitra.

Sementara itu Kepala Unit Museum Nasional Indonesia, Ni Luh Putu Candra Dewi mengatakan, ajang ini untuk menjalin sportivitas dan kebersamaan peserta dari berbagai provinsi. 

“Dengan LCCM ini, selain menambah pengetahuan, juga dapat memperkuat wawasan nusantara,” ujar dia. 

LCCM 2023 ini, kata Candra, juga dapat menjadi inspirasi dan pembelajaran kebudayaan, serta budi pekerti.

“Museum dapat dijadikan sekolah kedua dalam mengajarkan kearifan lokal kepada masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia,” jelas Candra. 

“Kompetisi ini tidaklah sekadar mencari SDM yang unggul dan tangguh, namun  ingin menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan generasi muda. Ingat, belajar tidak mengenal batas sehingga museum pun dapat menjadi sekolah kedua,” tutup Candra.