BOGOR, CEKLISSATU - Peringati Hari Pahlawan Nasional 2023, Tokoh Muda Kota Bogor Putri Ajeng melakukan ziarah ke makam pahlawan Dreded di Jalan Pahlawan, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dalam ziarah tersebut Putri Ajeng mengajak Gerakan Muda (Garda) Tanah Sareal agar  pemuda dapat mengingat perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Disana, PJ sapaan akrabnya langsung melakukan ziarah ke makam Kapten Muslihat dan Mayor Oking.

"Hari ini aku sama anak-anak muda Tanah Sareal melakukan ziarah ke makam Pahlawan dalam memperingati hari pahlawan nasional yang jatuh pada 10 November. Kali ini kita ingin menunjukan bahwa kita generasi muda  terus mengingat para pahlawan yang berjuang untuk kita," ucap personel 7icon ini kepada wartawan.

Baca Juga : 3.473 Pemilik Suara Meninggal Dunia, DPT Kabupaten Bogor Berubah?

Dirinya memaknai hari pahlawan ini tidak haya untuk mengenang para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah, melainkan ada pahlawan yang memperjuangkan untuk personal diri sendiri seperti ayah dan ibu.

"Kalau zaman dulu hari pahlawan dipakai untuk mengenang pahlawan untuk memerdekaakan Indonesia dari penjajah, tapi juga ada pahlawan yang berjuang untuk hidup kita secara personal," ungkapnya.

"Gak ada salahnya jika kita belajar untuk menghargai yang sudah tidak ada tapi kita juga harus menghargai pahlawan yang saat ini masih ada disekitar kita," tambahnya.

Disisi lain, ia juga menganggap bahwa para penjaga makam pahlawan merupakan pahlawan dari para pahlawan 

"Menurut aku mereka pahlawan para pahlawan, mungkin mereka tidak memerdekakan Indonesia tapi dengan mereka mengabdi untuk merawat makam pahlawan dari masa muda berarti mereka sadar untuk menghargai jasa para pahlawan," jelasnya.

Sementara itu, Penjaga makam pahlawan, Maman Suherman (55) mengaku dirinya sudah mulai merawat makam pahlawan sejak sekolah SMA hingga sekarang.

"Sehari hari saya disini membersihkan makam pahlawan, seperti potong rumput, tapi kalau ada kegiatan upacara kita dilibatkan juga," ujarnya.

Ia berharap, di momen hari pahlawan ini pemerintah dapat mensejahterakan karyawan seperti dirinya, serta berharap generasi muda tidak melupakan jasa para pahlawan.

"Untuk generasi muda mudah-mudahan lebih eksis menjaga dan tidak melupakan jasa para pahlawan," katanya.