BANDUNG, CEKLISSATU -Lapas Sukamiskin Bandung melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 pada Kamis pagi bersama dengan sejumlah napi koruptor.


Kepala Kalapas Sukamiskin Kunrat Kasmiri mengatakan, warga binaan yang mengenakan pakaian Pramuka kita libatkan dalam peringatan hari lahir Pancasila.


"Nah momentum dimana kita memperingati hari lahir Pancasila. Nah tentunya kita perlu adakan dalam rangka kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan,"kata Kunrat Kasmiri, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga : Ramp Check, Dishub dan Polres Bogor Berhentikan Puluhan Bus di Jagorawi


Menurut Kunrat, republik ini terdiri dari berbagai macam suku, agama, budaya, beribu-ribu macam yang ada di republik ini kita satukan dengan  bhinneka tunggal ika. Dan pancasila ini menjadi dasar negara yang memang harus kita pertahankan.


"Agar mereka memahami betul bahwa kita harus tetap menjaga keutuhan bangsa ini. Apalagi kan sekarang momentum yang luar biasa menjelang pemilihan presiden segala macam. Nah itu kan kita harus bisa menjaga, bahwa siapapun nanti yang akan memimpin kita harapkan menjadi yang terbaik. Dapat mempersatukan kita, tidak mencerai berai,"ungkapnya.


Ketika ditanya siapa saja napi koruptor yang ikut upacara, Kunrat mengatakan dari berbagai perwakilan napi koruptor di libatkan disana. 


"Karena ini kan kita tidak bisa membedakan, yang penting mereka kita sampaikan bahwa ya pancasila itu kita harus jaga. Agar indonesia kedepannya bisa lebih baik, makmur, sejahtera, bahkan berkelas dunia ."ungkapnya.