BOGOR, CEKLISSATU - Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Ginung Pratidina meminta, kepada para pengurus Ormawa yang baru dilantik, untuk dapat membawa perubahan. Ia juga berpesan agar setiap Ormawa dapat saling menjaga hubungan yang baik dan harmonis sesama Ormawa internal maupun eksternal FISIPKOM. 

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan pelantikan Ormawa periode 2022-2023. Para pengurus baru sudah memiliki legalitas untuk melaksanakan program-programnya,"kata dia, usai pelantikan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Periode 2022-2023 pada Kamis (23/2/2023) di Aula Gedung C, Kampus UNIDA


"Menggaris bawahi sambutan dari Pak Wakil Rektor tadi bahwasanya sebagai mahasiswa harus bisa membawa perubahan. Jadi tidak hanya sebagai social control organisasi di luar, juga harus menjadi social control di dalam. Artinya, sesama Ormawa tidak boleh saling menimbulkan konflik. Kemudian eksternal di luar fakultas juga harus dijaga,” ungkap Ginung Pratidina.

"Jadi kita sama-sama mengemban amanah untuk memajukan fakultas kita tercinta. silih asah, silih asih, silih asuh,” katanya. 

Baca Juga : FISIPKOM Unida Bersama BPMPI Gelar Rapat Tinjauan Manajemen untuk Tingkatkan Mutu Fakultas


Sementara itu, Wakil Rektor I UNIDA Aal Lukmanul Hakim menuturkan, Ormawa merupakan wadah atau tempat untuk pemberdayaan kualitas kemahasiswaan serta menjadi mitra, baik di tingkat fakultas maupun universitas dalam hal kemajuan. 

“Keberadaan Ormawa ini bisa menjadi mitra untuk membangun nama universitas maupun fakultas dengan karya, secara intelektual maupun peran sosial di masyarakat. Tetapi yang jauh lebih penting adalah dengan bergabungnya mahasiswa ke dalam organisasi ini, diharapkan bisa meningkatkan prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non akademik,” tutur Aal Lukmanul Hakim saat memberikan sambutan. 

Pada kesempatan yang sama, ditemui seusai pelantikan, Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) M. Fatkhul Hidayat mengungkap bahwa pihaknya bersama seluruh pengurus, Himpunan Mahasiswa serta Fun Radio akan langsung bergerak dan berkolaborasi untuk melakukan pengembangan kapasitas mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. 

"Untuk program besar BEM FISIPKOM sendiri ada yang sifatnya jangka panjang seperti LDKM, Kaderisasi, dan Pengabdian Masyarakat khususnya di Desa Cikoneng. Kemudian terdapat beberapa program kerja lainya seperti Choaching class yang memiliki acara puncak berupa VIVACE, dan FISIPKOM Berlaga dengan mekanisme atau konsep yang baru. Kemudian untuk rencana lainnya kami akan mengupayakan untuk diadakanya Badan Usaha Milik Mahasiswa (BUMM) yang berkolaborasi dengan seluruh himpunan jurusan, dengan sistem menyerupai pengelolaan BUMN,"paparnya.


Gubernur Fatkhul juga menambahkan bahwa ormawa FISIPKOM akan berupaya untuk berdiskusi dan melakukan kajian bersama dengan mahasiswa FISIPKOM secara komprehensif pada tahun-tahun politik ini.

Ormawa FISIPKOM yang dilantik tersebut diantaranya pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIPKOM, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIPKOM, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP), Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMASTER), serta pengurus FUN Radio FISIPKOM UNIDA.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Dekan Akademik Irma Purnamasari, Wakil Dekan Nonakademik merangkap Kepala Program Studi Sains Komunikasi Maria Fitriah, Kepala Program Studi Administrasi Publik Faisal Tri Ramdani dan Sekretaris Program Studi Sains Komunikasi Desi Hasibyah.