BOGOR, CEKLISSATU - Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) bersama Badan Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi (BPMPI) adakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) untuk meningkatkan mutu fakultas dan pelayanan. Kegiatan RTM sendiri merupakan monitoring kesesuaian sistem manajemen yang ada untuk menganalisa perkembangan. Tidak hanya itu, RTM juga bertujuan untuk mengidentifikasi kekurangan dan menyusun rumusan tindak lanjut untuk mengatasinya.

Dekan FISIPKOM UNIDA Ginung Pratidina mengatakan, rapat tinjauan manajemen sebagai evaluasi bagi mutu fakultas. Pelaksanaan RTM merupakan tahapan setelah program studi menyelesaikan Audit Mutu Internal (AMI). Konten yang ada pada RTM agar memenuhi siklus Penepatan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP).

“Rapat tinjauan manajemen ini perlu dilakukan secara berkala untuk peningkatan mutu dan kualitas kinerja fakultas. Beberapa aspek yang belum optimal saat ini akan ditingkatkan lagi kedepannya,” katanya pada Senin (13/2/2023) di Lab Administrasi Publik FISIPKOM.

Baca Juga : Ekonomi Tumbuh Positif, Apindo: Tapi Belum Berkualitas

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan Akademik FISIPKOM UNIDA Irma purnamasari berharap, penjelasan langsung oleh BPMPI dapat mendukung upaya FISIPKOM dalam akreditasi program studi.

“Mudah-mudahan juga ini menjadi ikhtiar kita pada akreditasi program studi Ilmu Komputer pada tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Mutu BPMPI UNIDA Teguh Prasetyo mengatakan, RTM masuk pada tahap pengendalian setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan AMI, yang rutin dilaksanakan secara periodik sehingga pada kesempatan ini akan disampaikan prosedur RTM.

“Pada pertemuan ini kita akan berbagi informasi terkait akreditasi perpanjangan yang mana RTM ini menjadi syarat perlu peringkat. UNIDA baru menyelenggarakan RTM di tahun kedua di Fakultas setelah sebelumnya RTM di tingkat Universitas,” katanya.

Teguh Prasetyo menambahkan, prosedur RTM yang pertama dilaksanakan pada tingkat Universitas yang dipimpin oleh Rektor dengan BPMPI, kemudian tingkat fakultas yang dipimpin oleh Dekan dengan Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM). Pada pelaksanaannya, BPMPI dan GPM harus memastikan telah membahas semua agenda rapat dibuktikan dengan notulensi, daftar hadir serta dokumentasi rapat penjaminan mutu.

Turut hadir dalam Rapat Tinjauan Manajemen: Wakil Dekan Nonakademik merangkap Kepala Program Studi Sains Komunikasi Maria Fitriah, Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Publik Faisal Tri Ramdani, Kepala Program Studi Ilmu Komputer Ahmad Encep, Sekretaris Program Studi Sains Komununikasi Desi Hasbiyah, Sekretaris Ilmu Komputer Muhlil Khaira, Kepala Lab Administasi Publik Afmi Apriliani dan Kepala Lab Sains Komunikasi Robby Firliandoko.