BOGOR, CEKLISSATU - Momen Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Bogor menyisakan kemirisan. Ya, Tugu Pahlawan yang ada di wilayah Kecamatan Ciampea, kondisinya sangat memprihatinkan.

Memiliki nilai sejarah yang tinggi, nyatanya tak membuat pemerintah setempat tergerak. Tugu yang ada di halaman bekas Kewedanaan Leuwiliang (kantor pemerintahan) tepatnya di belakang Kantor Desa Ciampea, kini nampak kumuh.

"Tugu itu punya nilai sejarah panjang dari pejuang zaman dulu, tapi saat ini kondisinya tak terurus," cetus salah seorang warga sekitar yang enggan namanya disebutkan.

Baca Juga : Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Enam Tokoh, Berikut Ini Nama-namanya

Menurutnya, seharusnya pemerintah bertanggung jawab akan kondisi tugu tersebut.

"Harusnya diurus, itu tugu pahlawan yang juga seharusnya banyak diketahui masyarakat," kata dia.

Camat Ciampea Yudi Santosa pun mengakui kondisi tersebut. Namun dia berdalih tak terurusnya Tugu Pahlawan di wilayahnya karena kurang diketahui oleh masyarakat.

"Kondisinya saat ini memang tidak terawat, karena kurang mendapat perhatian dari lingkungan sekitar, mungkin karena memang nilai sejarah di lokasi itu kurang diketahui masyarakat," kata Yudi.

Dia menilai agar tugu tersebut diketahui masyarakat, maka sebaiknya dipindah, dibangun kembali di area Taman Makam Pahlawan, Ciampea.

"Diharapkan dapat dibangun kembali dan dijadikan taman tematik atau taman kota Ciampea, yang akan dapat dikunjungi oleh masyarakat," ucapnya.

Sekedar informasi, Tugu pahlawan tersebut dibangun tahun 1986 dan diresmikan Bupati Bogor Soedrajat Nataatmadja. Tugu itu dibangun untuk mengenang keberanian para pejuang dan pahlawan di wilayah Ciampea.

ERUL