BOGOR, CEKLISSATU - Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka lakukan uji coba program makan bergizi gratis

Uji coba makan bergizi gratis itu dilakukan di SD Negeri 2 dan SD Negeri 3 Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa 23 Juli 2024.

Gibran mengatakan, bahwa anggaran untuk makan bergizi gratis itu tidak akan dipotong menjadi Rp7.500.

Baca Juga : Ravindra: Program Makan Gratis, Rakyat Kenyang, Stunting Hilang, Golkar Menang

Untuk menu makan siang gratis terdiri dari nasi, ayam, sayur, buah, hingga susu, yang seporsinya Rp14.900.

"Jadi untuk anak-anak kita, untuk para generasi penerus kita tidak boleh pelit," kata Gibran

Pogram Makan Bergizi Gratis terus diuji coba sampai Oktober 2024.

Baca Juga : Komunitas Sahabat Berbagi Buka Warung Makan Gratis

“Kita ingin ada masukan dari semua lapisan dan kalangan tentang program ini, jadi jika ada kekurangan bisa kita evaluasi, dan akan kita follow up,” ucapnya. 

Gibran mengatakan, nantinya menu pada makan bergizi gratis akan menyesuaikan daerah masing-masing, sehingga, anggaran setiap daerah tidak akan sama.

“Nanti menunya menyesuaikan dengan misalnya sayuran dan buah-buahan khas di daerah itu, cost-nya akan beda, menunya beda, tapi yang pasti anggaran tidak akan dikurangi sampi Rp7.500,” tegasnya. 

Baca Juga : Politikus PKS Kritik Wacana Dana BOS untuk Makan Siang Gratis

“Jadi tiap daerah menunya beda, cara distribusinya beda, cara masaknya beda, yang penting anggaran yang sudah ada terpilih untuk anak,” tambahnya. 

Dia menambahkan, harapannya juga nanti akan ada kerja sama dengan toko dan TikTok, kerja sama dengan orang tua murid untuk bisa monitor menu harian anak-anak secara langsung. 

“Silalan pra ahli gizi untuk memberi masukan. Kami siap menerima,” kata Gibran.