JAKARTA, CEKLISSATU -- Menjelang pelaksanaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Ibukota Negara Nusantara (IKN), Menteri BUMN Erick Thohir memastikan kesiapan BUMN dalam memasok kebutuhan energi, baik listrik dan gas untuk kantor-kantor pemerintahan di IKN.

Tidak hanya itu, Erick Thohir pun mengecek kesiagaan perusahaan-perusahaan negara dalam memenuhi fasilitas penunjang utama, pada Sabtu (29/6/2024).

Erick Thohir mengaku bersyukur, penugasan penting yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kementerian dan perusahaan-perusahaan BUMN untuk menyiapkan fasilitas penting di IKN, sesuai jadwal.

Di antaranya, Istana Presiden, rumah tapak jabatan menteri, hingga kantor kementerian koordinator 3 dan 4 telah disuplai jaringan listrik dari PLTS dan jaringan gas.

Baca Juga : Jokowi Sebut Upacara HUT RI ke-79 Digelar di IKN dan Istana Negara Jakarta

Kesiapan serupa kata Erick juga diperuntukkan secara khusus untuk menyambut pelaksanaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI yang pertama kali di IKN.

"Dengan waktu tersisa, sekitar sebulan lebih, kunjungan ini bersama para Dirut dan Wadirut BUMN untuk memastikan semua fasilitas yang menjadi tanggung jawab kami bisa selesai tepat waktu," ungkap Erick Thohir.

Diketahui, dalam peninjauan sehari penuh di IKN, rombongan Kementerian BUMN itu mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Training Center PSSI, Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri, dan Istana Presiden berikut lapangan di depan Istana yang akan menjadi lokasi upacara 17 Agustus 2024.

"Kami ingin PLN, baik melalui PLTS ataupun gardu induknya mampu memasok listrik, tak hanya untuk kebutuhan daya total untuk venue upacara HUT Kemerdekaan, tapi juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman," terang Erick Thohir.

Baca Juga : Soal Rencana Pelayaran Kapal Pinisi untuk Wisata ke IKN, Budi Karya Bilang Begini

Begitu pula jaringan telekomunikasi yang menjadi tanggung jawab Telkom.

Bagaimana kesiapan layanan dan infrastruktur sehingga acara HUT RI yang berlangsung di IKN dan Jakarta bisa berlangsung pararel.

Termasuk siaran langsung melalui TV Pool dan konsep acara yang interaktif komunikasi berjalan lancar.

Khusus untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI, PLN siap menggunakan PLTS di IKN untuk mensuplai listrik sebanyak 10 MW dari kapasitas sebesar 50 MW, Gas Insulated Substation 150 KV dengan kapasitas 2x60 MVA, jaringan transmisi, jaringan distribusi, dan 9 unit gardu hubung serta gardu distribusi.

"Untuk kebutuhan daya total venue utama rangkaian upacara HUT RI sebesar 1,5 MW, PLN menjamin keandalan back up suplay berupa genset dan UPS," pungkasnya.