BOGOR, CEKLISSATU - Membangun usaha kini menjadi tren bagi anak muda dibanding mencari kerja. Selain itu, membangun usaha juga biaa membuka lapangan pekerjaan dan membantu perekonomian negara, untuk itu Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) selenggarakan Webinar Kewirausahaan Nasional pada Sabtu (15/4/23) melalui Zoom Meeting. Webinar kewirausahaan ini merupakan praktik dari mata kuliah Event Organizer yang diampu oleh Dosen Komunikasi UNIDA, Agustina Multi Purnomo.


Mengusung tema "Get The Line, Get Ready To Be An Entrepreneur" webinar ini mengulas tentang serba-serbi membangun dan menjalankan usaha, dimulai dari cara merintis bisnis hingga strategi mendapatkan konsumen diperkuat dengan berbagai pengalaman yang sudah dialami oleh narasumber dari latar belakang bisnis yang berbeda. 

Dekan FISIPKOM Ginung Pratidina mengapresiasi webinar nasional ini karena berhasil mengundang narasumber yang kompeten. Dalam kesempatan teesebut, Dekan Ginung juga memperkenalkan jurusan yang ada di FISIPKOM UNIDA.

Baca Juga : Kawani Bogor Gandeng BPN Bogor Bagikan Ribuan Paket Sembako Gratis


"FISIPKOM terdiri dari prodi Administrasi Publik, Sains Komunikasi dan Ilmu Komputer. Webinar ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Sains Komunikasi angkatan 2020, luar biasa acara ini menghadirkan pembicara yang kompeten dalam bidangnya masing-masing," ujarnya.

Berbagai narasumber kompeten yang diundang yakni Sujimin selaku founder Jimmy Hantu Foundation yang mengulas tentang kiat-kiat menjadi pengusaha di usia muda, Desi Hasbiyah Dosen Sains Komunikasi sekaligus pengusaha dalam bidang Travel Umroh dan Haji membahas tentang sukses menjadi pengusaha melalui kemampuan komunikasi, Abdul Rahman Agung sebagai pebisnis kuliner dan Digital Marketing menjabarkan tentang cara merintis bisnis kuliner dan strategi promosi, serta Octen Suhadi sebagai pengusaha yang bergerak pada bidang Perkebunan dan Industri Rumah Sakit berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola bisnis yang beragam.

Dalam kesempatan yang sama, Maria Fitriah selaku Kepala Prodi Sains Komunikasi menyebut webinar kewirausahaan ini bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi seorang pengusaha.


"Tingginya angka pengangguran dan kemiskinan menuntut kita agar kretif dan inovatif, kita harus memberikan potensi yang dimiliki agar bisa membuka pekerjaan kepada orang lain. Webinar ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat yang bisa kita terapkan untuk menjadi pengusaha yang baik," tuturnya.

Webinar kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan manfaat serta mengantarkan para peserta pada kesuksesan dalam bidang wirausaha. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan Ketua Pelaksana, Dedy Ardiansyah Ramadhan dalam sambutannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Dekan, Kaprodi, Narasumber, Panitia, serta seluruh peserta yang hadir pada zoom meeting. Semoga webinar ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan bisa mengantarkan kita pada kesuksesan dunia dan akhira," ucapnya. 


Diikuti oleh 160 peserta, webinar kewirausahaan ini mendapatkan atensi dari beberapa peserta yang mengungkapkan apresiasinya melalui WhatsApp grup webinar resmi yang dibuat oleh panitia.

Sitti Sakinah Noviyati mengatakan Webinar Entrepreneurship ini pemateri-pematerinya sangat seru apalagi webinar ini gratis. Ia juga mengatakan dengan webinar ini, Ia bisa dapat banyak pengetahuan dari berbagai banyak pengalaman yang dibagikan oleh pemateri.