JAKARTA, CEKLISSATU -  Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dikembangkan sebagai kota pintar, pusat inovasi dan teknologi yang baik bagi pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia. Untuk itu, pihak Otorita IKN (OIKN) bekerja sama dengan Siemens

Kepala OIKN, Bambang Susantono mengatakan, senang dapat bekerja sama dengan Siemens yang merupakan perusahaan penyedia teknologi dan keahlian terkemuka di sektor energi modern.

"Nota kesepahaman ini menandai langkah penting untuk mencapai tujuan kami untuk menjadikan IKN sebagai pusat inovasi dan teknologi, yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi di Indonesia," ujar Bambang dalam keterangannya, Selasa 18 April 2023.

Baca Juga : Cegah Uang Indonesia ke Singapura, Bahlil: Bangun Pusat Keuangan di IKN

Kolaborasi IKN dengan Siemens, Bambang mengatakan, bisa memberikan wawasan dan keahlian yang berharga untuk pengembangan konsep kota pintar di IKN

Dia menyebutkan bahwa nota kesepahaman itu bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara kedua belah pihak dan bertukar ide, pengalaman dalam perencanaan, dan implementasi konsep kota pintar di IKN Nusantara. 

Adapun ruang lingkup kolaborasi IKN dan Siemens tersebut yaitu meliputi:

1. Membentuk kelompok kerja dengan para pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan pengembangan kota pintar dalam lingkup Nusantara.

2. Melakukan studi kelayakan awal di bidang tertentu, namun akan ditentukan kemudian berdasarkan informasi yang tersedia. 

3. Menjajaki kolaborasi strategis dalam pelaksanaan proyek.