JAKARTA, CEKLISSATU – Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy melepas para peserta mudik gratis pemotor dengan menggunakan kapal laut, di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu 15 April 2023.

Sebanyak 1634 penumpang dan 756 motor diangkut kapal Pelni KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Priok hingga ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Pemberangkatan pemudik motor gratis ini  merupakan gelombang pertama. Gelombang kedua akan dilakukan pada Senin 17 April 2023. 

Baca Juga : Titik Rawan Jalur Mudik, Polda Lampung Tempatkan Penembak Jitu

Untuk arus balik rute Semarang – Jakarta pada 25 dan 28 April 2023. Adapun total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut yaitu 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang. 

Pendaftaran dilakukan secara online atau bisa langsung mendatangi pelabuhan untuk berangkat.

Pada tahun ini diperkirakan 25 juta pemudik menggunakan motor. 

"Saya sarankan untuk tahun depan adanya penambahan kapasitas agar yang mudik melalui jalur laut ini semakin banyak terutama untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat kendaraan roda dua," ujar Muhadjir, usai melepas peserta mudik gratis.

Muhadjir menjelaskan, bahwa program mudik gratis menggunakan kapal laut ini sangat dianjurkan oleh Presiden Joko Widodo terutama untuk mengurai kemacetan dan kecelakaan di jalan raya. 

"Salah satu alternatif yang sangat dianjurkan oleh Bapak Presiden itu melalui jalur laut yang sekarang sudah direalisasi sudah delapan tahun berturut-turut hanya tersela oleh Covid saja," tutup Muhadjir