BOGOR, CEKLISSATU – Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu lakukan pemotongan sendiri hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445, Senin 17 Juni 2024.

Asmawa Tosepu mengatakan, Pemkab Bogor menyalurkan sebanyak 95 ekor hewan kurban berupa sapi dan domba pada Idul Adha tahun ini. 

Hewan kurban tersebut disalurkan ke semua elemen masyarakat yang membutuhkan yang disalurkan melalui masjid, pondok pesantren, lembaga keagamaan dan lembaga sosial.

Baca Juga : Berkah Idul Adha, Warga Komplek Unitex Sembelih 4 Ekor Sapi dan 26 Kambing

“Alhamdulillah tadi berkesempatan menyembelih hewan kurban, semua belajar dari pengalaman. Karena saya berasal dari desa dan petani jadi memang sudah biasa untuk hal yang seperti itu,” kata Asmawa di Pendopo Bupati Bogor usai pemotongan hewan kurban, Senin 17 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut jyuga, Asmawa Tosepu mengajak masyarakat memaknai momentum perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT serta meningkatkan kerukunan, keakraban, gotong royong dan silaturahmi.

Baca Juga : Idul Adha 1445 Hijriah, Menag: Berkurban Momentum Menyingkirkan Sifat Egois Dalam Diri Manusia

“Ini bagian dari pengorbanan, tentu kita maknai dalam rangka meningkatkan keimanan ketakwaan kita. Nah konteksnya di Kabupaten Bogor momentumnya hari ini bahwa mari sama-sama kita sentiasa menjaga kerukunan, keakraban, gotong royong, silaturahmi,” tutur Asmawa.

Ia berharap momentum ini jadi bagian dari upaya untuk mewujudkan masyarakat Bogor yang maju untuk sejahtera, berkeadilan dan makmur.

Pengorbanan ini tidak hanya dilihat konteksnya hanya sekedar menyembelih sapi atau hewan kurban tetapi sebenarnya adalah bagaimana mengorbankan apa yang dimiliki untuk jalan Allah dan kemudian itu memperkuat tujuan kita semua dalam melaksanakan apa yang menjadi perintah Allah dan apa yang dilarang oleh Allah.

Baca Juga : Kapolri: Idul Adha Momentum Jaga Toleransi

“Di momentum Idul Adha ini kita harus memahami bahwa ini adalah momen untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Mengambil pelajaran hikmah dari qurban ini kan bagaimana Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk memenuhi fitrahnya dan itu secara ikhlas dilaksanakan baik oleh Nabi Ibrahim AS sebagai orang tua dan oleh Nabi Ismail AS sebagai putra atau anak yang akan disembelih, secara ikhlas mereka menerima dalam posisi masing-masing tetapi kemudian Allah SWT memberikan petunjuk untuk mengganti dengan domba,” tutup dia.