BOGOR, CEKLISSATU -- Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, tokoh masyarakat Kabupaten Bogor yang juga bakal calon Bupati Bogor 2024-2029, Ade Ruhandi atau Jaro Ade mengajak masyarakat untuk memahami makna mendalam dari hari raya kurban ini.

Jaro Ade mengatakan bahwa Idul Adha tidak hanya sekedar perayaan, tetapi momentum untuk merefleksikan ajaran yang diwariskan oleh Nabi Ibrahim as dan dilanjutkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Idul Adha pada dasarnya adalah melanjutkan apa yang dulu pernah menjadi ajaran di zaman Nabi Ibrahim, kemudian diteruskan kepada umat Nabi Muhammad," ungkapnya.

Baca Juga : Jaro Ade Kawal Pembangunan Sesuai Visi Misi Prabowo-Gibran

"Kemudian amalan utama bagi mereka yang sedang menunaikan ibadah haji meliputi tawaf, sa'i, melempar jumrah, dan tahallul. Sementara itu, bagi kita yang berada di Indonesia, melaksanakan amalan sunnah di antaranya menyembelih hewan kurban menjadi simbol yang sangat penting," tutur Jaro Ade.

Selain itu lanjut Jaro Ade, penyembelihan hewan kurban bukan sekadar ritual. Melainkan simbol dari penyembelihan terhadap hal-hal duniawi yang kita senangi. 

"Apa yang kita senangi di kehidupan duniawi ini, seolah-olah disembelih. Ini mengajarkan kita bahwa kecintaan kita kepada Allah SWT harus berada di atas segala-galanya," terang Jaro Ade.

Kemudian Jaro Ade menekankan pentingnya memupuk keimanan dan kecintaan kepada Allah SWT melalui pelaksanaan kurban. 

"Hal ini, kita terus mendidik umat untuk memupuk keimanan kita dan menempatkan kecintaan kepada Allah di atas segala-galanya, termasuk hal-hal duniawi yang kita senangi," pungkasnya.