JAKARTA, CEKLISSATU - Salah satu upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai tata cara klaim serta manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), Kantor BPJAMSOSTEK Plaza mengadakan kegiatan sosialisasi di lingkungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bawah naungan Jasa Raharja di Kuningan.

Acara sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pemilik UMKM dan karyawan mengenai pentingnya perlindungan ketenagakerjaan melalui Jamsostek. 

Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan masyarakat UMKM dapat memanfaatkan berbagai manfaat yang diberikan oleh program Jamsostek.

Dalam sambutannya Suhuri selaku Kepala Kantor Cabang Plaza BPJamsostek menyampaikan bahwa perlindungan ketenagakerjaan merupakan hak setiap pekerja, termasuk di lingkungan UMKM terutama pedangang makan dengan menjadi peserta Jamsostek, para pekerja dapat merasakan manfaat perlindungan, seperti jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, dan jaminan hari tua.

Dalam sesi sosialisasi para peserta diberikan informasi terperinci mengenai tata cara klaim yang mudah dan cepat. Penggunaan teknologi terkini oleh BPJAMSOSTEK memungkinkan proses klaim menjadi lebih efisien dan transparan.

Pihak Jasa Raharja sebagai mitra dalam kegiatan sosialisasi ini menyampaikan dukungan penuh terhadap program Jamsostek. Mereka mengakui pentingnya upaya bersama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat dan prosedur klaim yang tepat.

Suhuri menegaskan komitmen BPJAMSOSTEK Plaza dalam mendukung pemerintah untuk memberikan perlindungan ketenagakerjaan kepada seluruh pekerja di Indonesia. Program sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan partisipasi masyarakat UMKM sebagai peserta Jamsostek.

 “Pendaftaran bisa dilakukan secara offline dengan datang ke kantor cabang terdekat atau daftar di website www.lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id,” terangnya. 

Selain itu, Fajar juga menambahkan proses klaim bisa dilakukan melalui aplikasi dengan cara mudah yaitu Aplikasi JMO.