BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor Iwan Setiawan kembali melakukan rotasi mutasi pegawai eselon II atau setara kepala dinas di lingkungan Pemkab Bogor. Satu di antaranya adalah Juanda Dimansyah. 

Juanda yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kini menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Sementara jabatan Kepala Disdik kini diisi oleh Bambang Widodo Tawekal yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kesbangpol Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Jabatan Bupati Habis Sebentar Lagi, DPRD Lanjutkan Program Pancakarsa hingga 2024

Iwan menjelaskan soal langkah merotasi Juanda yang tak lain merupakan calon Pj Bupati Bogor pada masa transisinya di 2024.

Menurutnya, rotasi mutasi pegawai adalah hal biasa dalam pemerintahan. Dia menegaskan tidak ada alasan pribadi dalam hal tersebut. Selain untuk memaksimalkan kinerja pemerintah.

"Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja, perkuat sinergi dan kolaborasi tripartit (hubungan industrial)
dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan agar tercipta hubungan industrial yang produktif dan kondusif," kata Iwan saat melantik di Pendopo Bupati Bogor, Rabu 6 Desember 2023.

Diketahui, selain Juanda dan Bambang, Iwan juga melakukan rotasi terhadap jabatan Kepala Disdukcapil yang kini diisi Hadijana dari posisi sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bogor.

Kemudian jabatan lama Hadijana diisi oleh Zaenal Ashari yang sebelumnya Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor.

Selain eselon II, Iwan juga merotasi jabatan untuk eselon III dan IV. Di antaranya Yadi Refeliadi dari Pengantar Kerja Ahli Muda pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor, kini menjadi Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.

Lalu Dadan Dharmatin Dirgantara dari sebelumnya Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, kini sebagai Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil.

Ada juga Toni Rahmat dari Perencana Ahli Muda pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor menjadi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Disdukcapil.

Dan terakhir Dewi Nuruliana Hidayati, dari Jabatan Kasi Pemerintahan pada Kelurahan Nanggewer Mekar Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor menjadi Kepala UPT Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wilayah I Disdukcapil.