JAKARTA, CEKLISSATU - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dianggap menenangkan untuk suasana kerja, banyak aparatur sipil negara (ASN) milenial yang berminat untuk pindah. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas. 

Azwar mengatakan, IKN Nusantara mengusung konsep forest city yang sesuai dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Segala hal yang berhubungan dengan aspek lingkungan dan pembangunan telah dikaji dalam kajian tersebut.

Baca Juga : Tahap Pertama, 16.990 ASN Pindah ke IKN Tahun 2024

Selain itu, menurut Azwar, IKN ini akan jadi tempat orang yang ingin kemewahan hijau dan oksigen yang cukup. 

"Minat tersebut disebabkan karena lahan IKN yang asri dan dinilai cukup menenangkan untuk aktivitas pekerjaan," ujar Anas dalam keterangannya yang dikutip pada Senin 27 Februari 2023. 

Pemerintah sudah menyiapkan beragam fasilitas untuk kenyamanan personel ASN, TNI, dan Polri yang akan pindah ke IKN Nusantara. Hunian bagi ASN telah disiapkan berupa beberapa apartemen. 

Menurut Azwae, tower apartemen yang dibangun pada tahap awal ada pada ring satu atau dekat dengan Istana Negara di IKN Nusantara. Seluruh konstruksi dibangun ramah lingkungan untuk setiap bangunan bertingkat institusional, komersil, dan hunian. 

Seluruh tempat umum dirancang menggunakan prinsip akses universal, kearifan lokal, dan desain inklusif. Salah satu prinsip IKN yakni terhubung, aktif, dan mudah diakses. 

"Dukungan fasilitas juga sedang dalam tahap pembangunan. IKN Nusantara akan dibangun area olah raga, lahan hijau, danau, dan lain sebagainya," tutup Azwar.