BOGOR, CEKLISSATU - Kabupaten Bogor mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Festival Ternak Domba-Kambing dan Ketangkasan Domba di Jawa Barat.

Dilaksanakan di Lapangan Panahan, Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 
festival yang mengumpulkan para peternak di Jawa Barat itu dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki.

"Ini adalah kegiatan yang positif. Tidak hanya untuk meningkatkan nilai peternakan tapi juga berdampak baik pada pelaku UMKM," kata Teten, Minggu 12 November 2023.

Baca Juga : Masuk Anggaran Kementerian PUPR, Stadion Pakansari Bakal Direvitalisasi 

Bertajuk Peternak Pahlawan Bangsa, Teten menilai festival tersebut menjadi magnet bagi masyarakat untuk menikmati kegiatan ternak dan seni ketangkasan domba yang merupakan sebuah budaya yang harus terus dilestarikan.

Karenanya, Teten ingin hal tersebut
dilaksanakan secara rutin.

"Event seperti ini, seni tangkas dan kontes (domba) bisa dilakukan secara rutin, misalkan setahun berapa kali apalagi kalau ini jadi event bulanan itu bagus. Karena bukan saja menggairahkan parah peternak domba garut, tapi sekaligus meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM," ujar Teten.

Tak hanya itu, Teten mengatakan festival tersebut juga sebagai ajang mempromosikan pariwisata daerah. Sehingga, hal itu juga menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk melebarkan jaringan promosi kepada masyarakat.

"Ini menghidupkan pariwisata daerah. Kalau pariwisatanya jalan, banyak pengunjung yang datang ke sini. Apalagi jika di Jabodebek ini acaranya lebih atraktif maka masyarakat sekitaran jabodebek di akhir pekan ini bisa untuk nonton ini," jelasnya.

Festival tersebut diketahui diketahui sebanyak 139 pasang domba-kambing. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.