BOGOR, CEKLISSATU - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan telah membebaskan lahan untuk pembangunan jalan tol khusus tambang di wilayah Kabupaten Bogor.

Lahan yang baru terselesaikan di penghujung jabatannya sebagai Orang Nomor Satu di Jawa Barat tersebut, diklaim sudah dalam keadaan siap.

"Di Parungpanjang, Cigudeg sampai Rumpin, bahwa tol khusus tambang itu sudah dimulai sebenarnya. Sudah 11,5 kilometer (yang) insyaallah sudah terbebaskan. Dan mayoritas jalannya sudah berbentuk (meski masih tanah)," kata Emil usai meninjau lokasi pembangunan jalur tol khusus tambang di wilayah Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin 29 Mei 2023.

Baca Juga : Ungkap Kasus Penculikan Anak di Jonggol

Jalan tol khusus tambang sendiri merupakan janji politik Emil saat Pilgub Jawa Barat beberapa tahun lalu. 

Kini, Emil pun "meminta" masyarakat untuk kembali memilih dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat jika pembangunan jalan tol khusus tambang mau terselesaikan.

"Satu tahun dari sekarang menurut perkiraan insyaallah bisa beroperasi. Mudah-mudahan satu tahun dari sekarang jalan sudah bisa beroperasi. Sampai jumpa di tahun depan dengan sumringah. Mun nyaah ka abdi (sayang ke saya) tolong dipilih lagi. Nanti saya cari lagi ladang amal untuk Kabupaten Bogor," kata Emil.

ERUL