BOGOR, CEKLISSATU – Seorang emak-emak yang viral di media sosial lantaran sering memaksa minta sedekah di beberapa daerah di Jawa Barat, akhirnya diamankan Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Bogor, Minggu (28/4/2024).

Terkait hal ini, Kasi Operasional Satpol PP kota Bogor, Surya Darma mengatakan, ibu itu sudah diamankan hingga dibawa ke kantor Dinsos guna dimintai keterangan.

Pengamanan dilakukan, setelah Satpol PP mengetahui keberadaan ibu itu sudah masuk ke Kota Bogor dari video yang ramai di medsos.

"Setelah kita lihat beberapa videonya di beberapa platfrom media sosial, akhirnya Pak Kasat memerintahkan tim Satpol PP beserta Dinsos melakukan patroli bersama di ruas jalan buat mengecek keberadaan ibu tersebut," ungkapnya.

Baca Juga : Jelang HUT ke 74 dan Satlinmas ke 62, Satpol PP Kabupaten Bogor Rutinitas Latihan di Lapangan Tegar Beriman

"Akhirnya ketemu di daerah Lawang Gintung, ibunya kita amankan dulu," tambahnya.

Diketahui sebelumnya, emak-emak tersebut sempat meminta-minta di wilayah Sukabumi dan Cianjur. 

Aksi emak-emak itu yang kerap meminta-minta sambil marah-marah meresahkan warga setempat. 

Setiap dia datang ke wilayah baru, banyak masyarakat yang mengabadikannya melalui video dan dibagikan ke media sosial.

Setelah dilakukan penelusuran oleh petugas, ibu tersebut mengaku berasal dari Palembang dan sempat tinggal di Bandung, Jawa Barat. 

Baca Juga : Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Tiang Penyangga untuk Lampu Sorot di Kantor Satpol PP Tumbang

Kepada petugas, ibu tersebut menyampaikan sudah 14 tahun hidup di jalan dan berpindah-pindah dari kota satu ke kota yang lainnya karena memiliki masalah internal dengan keluarga. 

"Diajak ngobrol, dari keterangan sudah 14 tahun hidup di jalanan seperti ini. kenapa dia hidup di jalan itu pengakuan dari ibunya, dia punya masalah internal keluarga yang sangat berat, yang sulit untuk menceritakannya," terangnya. 

"Jadi, identitas ibu ini di Bandung, kalau aslinya orang Palembang," pungkasnya.