BOGOR, CEKLISSATU- Dosen Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) Robby Firliandoko mendorong pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) Kabupaten Bogor untuk meraih pasar global. Dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor di Hotel Gerbera pada Selasa (16/5/2023) tersebut, Dosen yang juga Kepala Lab Sains Komunikasi Unida tersebut mendorong pelaku ekraf untuk memiliki Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). 

Robby yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Komite Kabupaten Bogor Ekonomi Kreatif (Kabekraf) tersebut menyampaikan bahwa ekraf merupakan salah satu sektor usaha masa depan.

"Ekraf itu mengutamakan ide dan inovasi, dan sumber daya manusia menjadi tumpuan utama untuk itu akan menjadi sektor andalan Indonesia ke depan karena selain memiliki potensi besar, ekraf juga mengeksplorasi hal yang tidak akan pernah habis, yaitu ide. Untuk menjaga itu semua, pengusaha ekraf perlu mengenal dan mendaftarkan ide, merek, cipta dan patennya dengan HaKI," kata Robby di depan Pelaku Ekraf Kabupaten Bogor. 

Baca Juga : Kemenangan Timnas Sepak Bola, Obat Sakit Piala Dunia


Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi tersebut, Robby menyampaikan bahwa ekraf tidak melihat skala usaha melainkan jenis usahanya. Selama masih ke dalam 17 subsektor Ekraf, usaha tersebut masuk ke dalam usaha Ekraf


Robby yang juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pegiat Ekonomi Kreatif Terbaik Kabupaten Bogor tahun 2022 tersebut juga menyampaikan bahwa setiap tahun Disbudpar bersama Kabekraf selalu melakukan kurasional. 

"Proses Kurasional sedang berjalan dan saya sudah mendapatkan sedikit catatan dari Kurator bahwa ada banyak produk Ekraf Kabupaten Bogor yang bagus dan bisa menyasar pasar global, namun masih banyak juga yang belum siap. Hal itu saya dapatkan karena masih ada pelaku yang ketika mengisi formulir tidak menyertakan foto produk yang baik, akun media sosial juga isinya lebih banyak foto pribadi dibanding foto usaha dan produknya minim inovasi," jelas Robby. 

Kemudian Robby juga menyampaikan bahwa saat ini dirinya tengah mendapatkan amanah sebagai Koordinator Daerah (Korda) Jawa Barat di Organisasi Kota Kreatif Indonesia Creative Cities Network (ICCN), hal itu akan menguntungkan ekosistem Ekraf Kabupaten Bogor dalam hal jejaring dan pengetahuan.