BOGOR, CEKLISSATU - Dosen-dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) menjadi pemapar dalam kegiatan The 2nd International Conference on Social, Politics, Administration and Communication Science (ICoSPACS). Konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Dekan/Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik PTS se-Indonesia (FKDKISIP) dan Undiknas Bali ini dilaksanalan secara hybrid pada tanggal 15-16 November 2023. Dengan mengusung Tema Strengthening Partnership Communication for Sustainable Good Governance in Digital Era, 11 Dosen FISIP Unida memaparkan hasil penelitiannya masing-masing. 


Dekan FISIP Unida Ginung Pratidina menyampaikan bahwa keikutsertaan Dosen-Dosen FISIP dari Program Studi Administrasi Publik dan Sains Komunikasi adalah untuk mendorong Dosen-dosen tampil di kancah internasional dan menyampaikan hasil penelitiannya. 

"Tahun 2026 kampus kami, Universitas Djuanda memiliki target menjadi Universitas yang Unggul dan kegiatan konferensi ini sangat mendukung untuk mencapai visi tersebut," katanya. 

Baca Juga : Penuhi Asupan Karbohidrat, Penderita Diabetes Sebaiknya Konsumsi Ini

Adapun ke sebelas Dosen-dosen tersebut adalah Maria Fitriah yang memaparkan tentang Digital Media Literacy Campaign in Posyandu Service Development, Ginung Pratidina yang memaparkan paper tentang Performance and Risk Management in The Budget and Treaaure Education and Training Center Ministery of Finance of The Republic of Indonesia, Faisal Tri Ramdani dengan paparan berjudul Analysis Of The Quality of Service For Producing Electronic Population Card, Ruhimat yang menyampaikan tentang The Library as a Medium of Scientific Communication, Robby Firliandoko yang memaparkan tentang Implementation of Tauhid Character in Social Movements of Climate Change Community, Nadia Amalia yang menyampaikan tentang Teachers non verbal communication skills in supporting the studi of students autism spectrum disorder (ASD), Ali Alamsyah K., dengan paparan berjudul Exposure Of Food Product Marketing Communications To Consumer Decisions, Berry Sastrawan, Muhamad Husein Maruapey, G. Goris Seran dengan judul paparan Comparative Study on The Evaluation of Civil Servants' Assessment with The
Public in The Implementation of E-Service, Cecep Wahyudin, Ginung Pratidina, Denny Hernawan, Neng Virly Apriliani, Fiqih Maulana, Aprian Ari dengan judul paparan Effectiveness of Duck Breeding Assistance Program in Accelerate Growth of The Livestock Industry, Afmi Apriliani, Rita Rahmawati, Safrudin, E Syahrudin, Tri Ratnasari dengan paparan berjudul Analysis of the Quality of Licensing Services on Community Satisfaction at District Office dan Dede Syahrudin, Euis Salbiah, Salopah, Rita Rahmawati, Gotfridus Goris Seran yang menyampaikan tentang Professionalism Of Employees In The Service Of Electronic Identity Cards. 

Wakil Dekan Akademik FISIP Unida Irma Purnamasari menyampaikan keikutsertaan Dosen-dosen FISIP Unida dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh FKDKISIP dan Unidknas Bali ini akan memperkaya khazanah keilmuan dan sangat bermanfaat untuk mendukung pengembangan akademik FISIP Unida

"Dengan mengikuti kegiatan internasional seperti ini, Dosen-dosen kami bukan hanya akan mendapatkan wawasan yang sangat luas, tetapi juga bisa memberikan dampak yang lebih luas melalui hasil penelitian. Semoga bermanfaat dan barokah, aamiin," jelasnya. 


Wakil Dekan Nonakademik FISIP Unida Maria Fitriah menyampaikan bahwa keikutsertaan Dosen FISIP Unida di konferensi internasional ini juga diharapkan dapat membuka jejaring dan mitra untuk bekerja sama di berbagai bidang serta kegiatan.