BOGOR, CEKLISSATU -- Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Perhubungan melakukan giat Rampcek di Exit Tol Rest Area KM 45 Ciawi, pada Jumat (22/12/2023). Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah menyebutkan, giat Rampcek tersebut dalam rangka pengecekan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas.


"Rampcek ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas, terutama menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," ungkapnya. 


Diketahui, selain Dishub Rampcek tersebut juga melibatkan berbagai unsur. Yaitu TNI, Polres Bogor, BNN Kabupaten Bogor, serta unsur lainnya.

Baca Juga : DPRD Kota Bogor Gencarkan Tradisi Sholawat dan Dzikir Akhir Tahun


"Sasaran giat Rampcek ini di antaranya angkutan penumpang dan angkutan barang yang menuju ke arah Puncak," terangnya.


Kemudian obyek yang diperiksa dalam Rampcek ini meliputi surat-surat administrasi SIM, STNK, Izin Trayek, lalu unsur teknis sistem rem, lampu, ban dan lain-lain. Diperiksa juga tes urine untuk memastikan pengemudi angkutan umum bebas narkoba.


"Alhamdulillah, semua kendaraan yang diperiksa tidak ditemukan yang tidak layak jalan. Semuanya aman," tuturny.


Selain itu menurutnya, hasil dari Rampcek itu hanya ditemukan satu kendaraan yang kelengkapan administrasinya tidak lengkap.


"Pengemudi yang dites urine pun semuanya negatif narkoba," ujarnya.


Agus Ridho mengimbau bagi para pengemudi angkutan umum khususnya untuk selalu memeriksa kondisi kendaraannya, dan kondisi kesehatan.


"Serta selalu berhati-hati dalam berkendara, taati peraturan lalu lintas dan utamakan keselamatan dalam berlalu lintas," pungkasnya.