BOGOR, CEKLISSATU - Kabar kepergian Bupati Bogor, Iwan Setiawan ke Eropa disorot Pengamat Kebijakan Publik, Yusfitriadi. Yus menilai apa yang dilakukan Iwan tersebut seharusnya diinformasikan secara terbuka kepada masyarakat.

"Iwan setiawan itu sekarang jabatannya bupati, artinya orang nomor 1 di Kabupaten Bogor. Artinya selain pejabat negara yang semua aktivitasnya diatur oleh undang-undang, juga harus ada penyerahan tugas dan kewenangannya sebagai bupati ketika bupati sedang tidak bisa bertugas," kata Yus, Senin 23 Oktober 2023.

Sehingga, lanjut Yus, jika informasi Iwan posisinya saat ini tengah berada di Eropa, maka harus ada penjelasan apa tujuannya ke negara tersebut.

Baca Juga : RAT dan Pemilihan Pengurus Pengawas KSP SB Siap Digelar 14 Hari Secara Online

"Ke negara mana tujuannya, untuk apa keperluannya, dan kepada siapa kepemimpinan pemerintah daerah didelegasikan selama Iwan di sana. Hal ini penting diketahui publik, karena posisinya sebagai kepala daerah. Kalau memang keberangkatannya jelas-jelas berhubungan dengan kinerjanya sebagai kepala daerah, mengapa harus sembunyi-sembunyi," jelas Yus.

Namun jika memang keberangkatannya tidak ada hubungannya sama sekali dengan kerja Iwan sebagai kepala daerah, kata Yus, maka akan banyak konsekuensi.

"Seperti anggaran siapa yang digunakan, bagaimana konsekuensi meninggalkan tugas, terlebih dalam waktu yang lama misalnya, kepada siapa kepemimpinan kepala daerah didelegasikan," tutur Yus.

Oleh karena, penting adanya informasi yang akurat dan terbuka kepada publik, baik keberangkatannya urusan personal maupun mewakili kelembagaan. 

"Apalagi jika keberangkatannya atas sesuatu yang tidak krusial hanya sekedar "plesiran" misalnya," kata dia.

Menurutnya, saat ini kondisi Kabupaten Bogor kurang baik-baik saja. Bencana kekeringan masih dirasakan banyak masyarakat yang seharusnya pemerintah hadir di sana.

"Di tengah kondisi masyarakat Kabupaten Bogor saat ini sangat membutuhkan banyak hadirnya pemerintah daerah untuk menyelesaikan berbagai masalah, seperti kekeringan, masalah Sungai Cileungsi yang tidak berujung, masalah kenaikan harga bahan pokok terutama beras dan sebagainya. Dimana tanggung jawab moralnya sebagai kepala daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus menyampaikan secara terbuka kepada publik terkait informasi berangkatnya iwan setiawan ke luar negeri secara utuh," tegasnya.

Pun dengan DPRD Kabupaten Bogor. Yus menilai anggota legislatif ini pun harus bersikap tegas, meminta keterangan dari pemerintah daerah terkait informasi tersebut. 

"Jika memang betul Iwan berangkat ke Eropa dan itu dalam rangka studi banding atau apapun namanya, tentu harus harus dilihat efektifitasnya dan skala prioritasnya. Apalagi ketika berangkatnya iwan setiawan tersebut merupakan agenda pribadi yang tidak krusial, maka harus mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak, atas tanggungjawab kepala daerah dalam memimpin kabupaten bogor ini," tandasnya.

Sementara, berdasarkan informasi Iwan berangkat ke Prancis. Dia akan berada di sana selama 10 hari.

Dari kabar beredar, Iwan didampingi pejabat eselon II Kabupaten Bogor. Dia dikabarkan berangkat sejak Sabtu pekan lalu.

REDAKSI