JAKARTA, CEKLISSATU - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Kementerian Perhubungan (Keemnhub) telah mengusulkan 18.017 formasi ASN 2024.

Usulan formasi ASN itu disampaikan Budi Karya Sumadi dalam acara Penyerahan Izin Prinsip Formasi ASN Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2024, di Kantor Kementerian PAN-RB pada Kamis 18 April 2024.

Usulan formasi ASN itu terbagi 1.391 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 16.626 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga : Sebanyak 1.086 orang Menerima SK PPPK dari Walikota Bogor

“Jumlah ini sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya. Oleh karenanya, saya atas nama pribadi dan Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah memberikan persetujuan atas kebutuhan pegawai ini,” ujar Budi Karya Sumadi, seperti dilansir dari keterangannya, Minggu 21 April 2024.

Budi Karya berharap, melalui formasi ASN Tahun 2024 akan didapatkan SDM yang kompeten, profesional dan berintegritas untuk memperkuat konektivitas layanan transportasi yang berkualitas.

"Harapan lainnya, dapat pula mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan layanan transportasi," ujarnya. 

Budi Karya menambahkan, dalam tiga tahun terakhir, hasil rekrutmen di Kemenhub sudah sangat bagus. 

Kemenhub sangat mendukung penyelesaian penataan pegawai non-ASN sesuai amanat UU Nomor 20 Tahun 2024 tentang ASN melalui usulan kebutuhan ASN tahun 2024.

"Kami berjanji akan mengatur formasi ASN yang ada dengan sangat teliti, sehingga para ASN tersebut nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai keahlian yang dimiliki," tutup dia.