BOGOR, CEKLISSATU - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, rencana pembangunan jalan tol Puncak-Cianjur akan segera dibangun.

Menurutnya, rencana tersebut masuk dalam salah satu prioritas pemerintah untuk mengurai kemacetan di wilayah Puncak yang sudah lama terjadi.

"Jalan Tol Puncak-Cianjur mulai diproses dan segera dibangun untuk mengurai kemacetan belasan tahun di wilayah yang menjadi favorit pariwisata ini," ungkap Emil dikutip dari instagram resminya, Senin, 17 Juli 2023.

Baca Juga : Dugaan Permainan Tender Jalan Kinam – Furir – Goras Kemen PUPR, KPK Harus Segera Turun Tangan 

Emil meyakini bahwa penataan kawasan wisata Puncak dengan pembangunan jalan tol akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Terlebih rencana tersebut juga merupakan tindaklanjut pemerintah dari berbagai aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor dan Cianjur.

Nantinya, lanjut Emil, jalan tol ini akan dibangun Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Jalur tol ini akan dibangun sepanjang 51 kilometer dari Caringin, Megamendung (Kabupaten Bogor) sampai Cianjur, yang nanti akan disambung dari Cianjur ke Padalarang. Nanti bisa disambung oleh Tol Cigatas ke Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran, yang sedang dalam proses pembebasan lahan," bebernya.

"Jika ini selesai bersama Tol Bocimi, maka jalur Jawa Barat Selatan akan kuat ekonomi dan jalur infrastruktur jalannya," sambung Emil. 

Diketahui, Pemerintah Pusat saat ini tengah menggodok rencana pembangunan Jalan Tol Caringin-Puncak-Cianjur. Proyek pembangunan tol ini dikabarkan menelan biaya hingga Rp 24,37 triliun.

ERUL