Bontang, Ceklissatu.com - Kesibukan dalam bekerja sering menjadi pemicu kurangnya waktu untuk berolahraga. Sedangkan di sisi lain, kondisi lingkungan yang terus mengalami perubahan dan beban kerja yang tinggi, menuntut setiap orang untuk memiliki kondisi tubuh yang sehat dan prima. Hal inilah yang mendorong BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek ingin menumbuhkan semangat berolahraga bagi para pekerja.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang, Arvino menghimbau agar para pekerja harus bisa menyisihkan waktunya untuk berolahraga. Tidak harus dengan olahraga yang berat, cukup berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari, dapat membuat tubuh lebih bugar dan siap menjalani rutinitas kerja. Tentunya hal ini harus dilakukan secara konsisten dan diimbangi dengan gaya hidup sehat. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan imunitas dan produktivitas pekerja.

“Gerakan Sejuta Langkah (GSL) pertama kali di launching pada 12 Agustus 2022 lalu, jadi ini gerakan yang dilakukan oleh BPJamsostek untuk membangun lifestyle gemar berolahraga bagi seluruh pekerja khususnya insan BPJamsostek, karena kalau badan sehat maka produktivitas kita juga tinggi. Ini bukan gaya gayaan, tetapi kita ingin menginspirasi institusi lain dan diikuti juga oleh pekerja di seluruh Indonesia,”seru Arvino. 

Arvino menambahkan setiap bulannya juga akan dipilih 6 karyawan yang memiliki langkah terbanyak untuk mendapatkan reward dari manajemen BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya reward tersebut agar insan BPJamsostek lebih bersemangat untuk berkomitmen dalam membangun lifestyle gemar berolahraga. 

“Setiap Jumat pagi kami selalu melakukan jalan pagi dari kantor menuju ke Taman Adipura Bontang, disana banyak terdapat fasilitas umum untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging track dan peralatan gym,” terang Arvino.

Menurutnya, gerakan sejuta langkah ini dapat menjaga atau menciptakan keseimbangan antara bekerja dengan berolah raga (work life balance) bagi setiap karyawan yang mana sehari-harinya telah disibukkan dengan pekerjaannya.

"Dengan memiliki tubuh yang bugar pastinya akan dapat meningkatkan lagi produktivas kerja seluruh insan BPJamsostek," tutup Arvino.