BONTANG, CEKLISSATU - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Cabang Bontang sosialisasikan pentingnya Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk siswa praktek kerja lapangan (PKL) di kantor Pupuk Kaltim, Bontang, pada Senin, 22 April 2024.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bontang, Arvino menjelaskan Permenaker No 5 tahun 2021 tentang pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan bagi siswa PKL.

"Sosialisasi dalam rangka implementasi Permenaker No 5 ini tujuannya adalah agar para siswa atau mahasiswa yang yang akan magang atau melaksanakan PKL di Kantor PT. Pupuk Kaltim (PKT) mereka memahami pentingnya Program BPJS Ketenagakerjaan," kata Arvino dalam keterangannya.

Arvino menyampaikan bahwa siswa atau mahasiswa magang juga memiliki risiko yang sama dengan tenaga kerja ketika melakukan pekerjaan. Oleh sebab itu menurut Arvino sangat perlu dilindungi dalam Program BPJS Ketenagakerjaan.

Arvino menjelaskan dengan siswa atau mahasiswa magang diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan, maka selama kegiatan jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, akan dijamin baik itu kecelakaan dalam perjalanan menuju perusahaan tempat magang atau kecelakaan kerja di tempat magang.

Menurut Arvino dengan para siswa atau mahasiswa didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka akan memberikan perlindungan, rasa nyaman dan aman baik bagi siswa atau mahasiswa magang, orang tua, maupun dari pihak sekolah atau universitas.

"Kami mengapresiasi atas inisiatif yang dilakukan oleh manajemen PT. PKT untuk memberikan waktu kepada kami menyosialisasikan program jaminan sosial Ketenagakerjaan kepada siswa atau mahasiswa magang yang akan melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di PKT sebelum magang dilakukan," kata Arvino.

Semua perusahaan di Indonesia, lanjutnya, wajib melindungi siswa dan mahasiswa yang akan magang dalam Program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga progres K3 di dunia kerja pun diterapkan.

Semakin banyak yang terdaftar, tambah Arvino, maka akan semakin banyak siswa dan mahasiswa magang yang terlindungi, sehingga mereka bisa maksimal dalam menjalankan tugasnya.