BONTANG, CEKLISSATU - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Bpjamsostek Kantor Cabang Bontang melakukan sosialisasi pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan, pada Senin (29/1/2024). Sosialiasi tersebut dilakukan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang, Jl. KS Tubun No.66, Kelurahan Api-api.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang, Dahlia Libriana, menerangkan pihaknya melalui bidang Pelayanan melakukan sosialisasi tersebut secara langsung kepada seluruh perangkat lurah dan camat yang ada di Kota Bontang.

Pada sosialisasi tersebut dipaparkan program-program BPJS Ketenagakerjaan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan juga Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP.

“Program jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting, karena menyangkut perlindungan terhadap tenaga kerja yang memiliki risiko terutama kecelakaan kerja dan kematian,” cetus Dahlia.

Lebih lanjut Dahlia menjelaskan untuk program JKK salah satu manfaatnya biaya pengobatan tanpa batas sampai dinyatakan sembuh, berapapun biayanya akan kami bayarkan sesuai kebutuhan medis. Untuk JKM salah satu manfaatnya adalah santunan berupa uang tunai senilai Rp42 juta jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan kerja, misalnya meninggal karena sakit akan kami bayarkan haknya. 

Melalui BPJamsostek, negara hadir memberi kepastian jaminan kepada pekerja dan masyarakat pekerja di seluruh Indonesia dalam hal apabila terjadi risiko sosial.

“Kami akan berkoordinasi dengan seluruh perangkat lurah, camat, dan Pemkot Bontang terkait masyarakat yang masih belum terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar full coverage 100% dapat tercapai seperti harapan Pak Wali," ucap Dahlia.

Walikota Bontang telah menunjukkan keseriusannya dalam upaya memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi masyarakat dengan mendaftarkan 34.782 pekerja rentan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Diketahui di dalamnya juga terdapat 345 pekerja rentan yang merupakan penyandang disabilitas pada 12 Oktober 2023 silam.

“Kami sangat peduli dengan pekerja yang masih dibayang-bayangi oleh risiko pekerjaan. Kami harap dengan sosialisasi ini percepatan full coverage 100% dapat tercapai, karena manfaatnya yang sangat besar dengan nilai iuran yang sangat terjangkau,” jelasnya.

Ia pun mengajak kepada setiap perangkat lurah, dan camat untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial, mereka juga bisa mendaftarkan para pekerja di sekeliling mereka seperti asisten rumah tangga, supir, tukang kebun untuk di daftarkan program SERTAKAN agar seluruh kalangan pekerja dapat terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Dengan begitu, para pekerja bisa mencari penghasilan lebih aman dan terjamin. Terutama ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan," tutup Dahlia.