BONTANG, CEKLISSATU - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Cabang Bontang kembali menggelar kegiatan promotif dan preventif kepada perusahaan. Dalam kegiatan ini, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan 164 paket Alat Pelindung Diri (APD) untuk 2 perwakilan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan yaitu PT. Gunta Samba dan PT. Bima Palma Nugraha.

Dalam satu paket APD yang diberikan berisi helm, sepatu safety, kacamata safety. Paket APD ini diberikan kepada perusahaan yang sudah tertib administrasi dan mengikutsertakan pekerjanya di seluruh program BPJS Ketenagakerjaan sebagai peserta BPJamsostek.

“BPJamsostek sebagai salah satu badan representasi negara, turut andil dalam membantu, mendukung dan mendorong para pemberi kerja untuk melaksanakan K3 secara berkelanjutan yang pada akhirnya dapat menjadi suatu budaya di lingkungan kerja sehingga kasus angka kecelakaan kerja dapat diminimalisir,” terang Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang, Dahlia Libriana.

Lebih lanjut Dahlia menerangkan Penyerahan APD tahun ini adalah pelaksanaan tahun ketiga untuk Cabang Bontang, fokus kita di tahun ini pada sektor perkebunan, sementara di tahun 2022 penyerahan APD diberikan pada sektor konstruksi, dan di tahun 2021 pada sektor kesehatan.

“Selain pemberian APD kami juga memberikan pelatihan ahli K3 umum kepada 10 peserta dengan menggandeng PT. Geo Mandiri Kreasi,” tambahnya.

Dahlia berharap melalui pelatihan ahli k3 umum ini para peserta dapat memahami tentang keselamatan dan kesehatan kerja serta dapat meminimalisir resiko-resiko terhadap kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Sementara itu, Daru Wibisono, Kepala Bulking PT. Gunta Samba mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang yang telah memberikan paket APD ke perusahaannya yang bergerak di sektor perkebunan.

“Kami sangat berterima kasih, tentunya pemberian APD ini sangat bermanfaat untuk para karyawan kami guna meminimalisir kecelakaan kerja,” tutup Daru.