Jakarta, Ceklissatu - Saat bulan ramadan biasanya harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjulang tinggi. Entah karena tren atau tingginya kebutuhan namun kondisi ini harus diterima oleh masyarakat. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bontang menyelenggarakan Pasar Sembako Murah di Halaman Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau pada tanggal Selasa (4/4/2023) hingga Kamis (6/4/2023). 

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Idham menyebut pihaknya menyiapkan sebanyak 3 ribu paket sembako murah. Jumlah ini mengalami penyusutan dari perencanaan awal yang semula 7 ribu paket.

Skema pasar murah ini terang dia, warga harus membeli kupon terlebih dahulu yang disediakan secara on the spot di lokasi. Kemudian, jatah kupon tersedia hanya 200 untuk tiap kelurahan.

“Dalam sehari kita siapkan untuk lima kelurahan. Jadi kita batasinya di sini,” ucapnya.

Lebih lanjut Idham merinci setiap paket sembako berisi beras premium 5 kilogram, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram tepung, 2 kilogram gula pasir, dan satu piring telur.

“Kalau harga normalnya Rp 250 ribu kita jual di bawah itu. Karna ini barang-barang yang sudah disubsidi,” pungkasnya.


Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bontang Ramdani menyampaikan bahwa kehadiran BPJS Ketenagakerjaan dalam kegiatan Pasar Sembako Murah adalah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan melindungi masyarakat. 

"Seluruh masyarakat perlu dijamin kehidupannya, untuk itu kami hadir dalam menjamin penyelenggara dan peserta yang ikut dalam kegiatan Pasar Sembako Murah," katanya. 


Ramdani berharap masyarakat semakin sadar akan perlindungan sosial yang melindungi mereka apalagi para pekerja yang merupakan tulang punggung keluarga. Dengan dilindunginya Tenaga Kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan, seluruh pekerja dapat kerja keras bebas cemas. 


Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, gelaran pasar murah ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan, stabilitas harga dan pasokan pangan menjelang Idulditri 1444 H. Juga agar masyarakat memperoleh pangan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

“Kegiatan ini untuk meringankan beban warga, mengingat sejumlah bahan pokok di pasar terus merangkak naik saat Ramadhan,” kata Basri saat sambutan dihadapkan perwakilan perusahaan dan stake holder.


Tak lupa, dalam kesempatan itu, Basri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan. Yang ikut berkontribusi memberikan bantuan subsidi sembako pada gelaran pasar murah ini salah satunya BPJS Ketenagakerjaan Kota Bontang.