BOGOR, CEKLISSATU - Sebanyak 16 laporan kejadian bencana yang disebabkan hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Bogor tercatat pada Minggu 5 November 2023. 

"Laporan masuk hari ini sementara 16 kejadian," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Ade Hasrat dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

Jumlah itu tersebar di beberapa kecamatan seperti Megamendung, Rumpin, Gunung Putri, Sukamakmur, Citeureup, Cijeruk, Caringin, Sukaraja, Parung Panjang, Cibinong dan Bojonggede. Ada dari dampak angin kencang, pohon tumbang, tanah longsor dan bangunan ambruk. 

Baca Juga : 22 Bencana Landa Kota Bogor Dalam Sehari, Terbanyak Pohon Tumbang

"Terdampak 31 KK/159 jiwa terdampak," ungkap Ade.

Sedangkan, bangunan yang terdampak sementara ini jumlahnya 41 rumah dengan kategori kerusakan ringan hingga berat. Adapula fasilitas umum yang ikut terdampak akses jalan hingga pos ronda.

"Tidak ada korban jiwa," tandasnya.

Diketahui, Pemkan Bogor meminta seluruh jajarannya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem seperti yang terjadi beberapa hari belakangan. Masyarakat juga diminta untuk selalu waspada terutama ketika cuaca sedang hujan atau angij kencang.