JAKARTA, CEKLISSATU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, demografi yang akan dihadapi memungkinkan Indonesia berpeluang untuk menjadi negara maju.

Hal itu, kata Jokowi, berdasarkan riset sejumlah pakar dalam dan luar negeri, peluang itu mungkin terwujud dalam 13 tahun ke depan.

“Peluang kita menjadi negara maju, ada dalam 13 tahun ke depan, ini disampaikan para pakar, oleh para pakar dalam negeri maupun luar," kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 14 Mei 2023.

Baca Juga : Beraksi di Jalan Raya Bogor, 8 Orang Terduga Gengster Ditangkap Polisi

Jokowi meminta masyarakat untuk menyikapi hal tersebut dengan bijak.

Untuk menjadi negara maju, kata Jokowi, beberapa negara memiliki momentum hanya sekali. Menurutnya saat ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan bonus demografi.

"Dan dalam sejarah peradaban negara-negara yang saya lihat memang kesempatannya hanya sekali, kesempatannya hanya sekali dalam sejarah," tutur Jokowi.

Ia pun mewanti-wanti masyarakat dalam memilih pemimpin yang akan datang. Jangan sampai, lanjutnya kesempatan tersebut justru hilang.

"Begitu kita keliru memilih pemimpin yang tepat untuk 13 tahun ke depan hilanglah kesempatan untuk jadi negara maju," ujar Jokowi.