BOGOR, CEKLISSATU - Kasus pembunuhan yang menewaskan pelajar SMK Baranangsiang yakni Andriana Yubelia Noven alias Noven (18) pada Januari 2019 hingga kini masih belum menemukan titik terang, bahkan terduga pelaku pun masih belum diketahui.

Saat dikonfirmasi, Kasat Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota, Kompol Rizka Fadhila mengatakan bahwa langkah-langkah terbaru dalam proses penyidikan kasus Noven ini, Polresta Bogor Kota telah memulai tahap awal penyelidikan dengan identifikasi untuk memastikan kronologis cerita dan daftar barang bukti.

"Kami telah membentuk tim gabungan dari polresta dan polsek penyidik yang ikut menangani kasus ini sebelumnya untuk mempercepat pengungkapan terduga pelaku. Terkait penemuan barang bukti, dilakukan dua permohonan penelitian pengujian, termasuk pengecekan sidik jari laten dan sampel DNA," ucapnya pada Sabtu, 30 September 2023.

Baca Juga : Subhanallah, Musola di Pasar Leuwiliang Bogor Tak Tersentuh Api Ketika Kebakaran

Hasilnya, Kompol Rizka mengaku bahwa beberapa sampel sidik jari belum identik, dan penelitian face recognition serta CCTV juga sedang dalam proses peningkatan oleh Pusinafis.

Selain itu, sambung Kompol Rizka, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan membantu mencocokkan kemungkinan terduga pelaku jika terjadi kemiripan.

"Pihak penyidik telah bertemu dengan orangtua korban untuk menjelaskan perkembangan penyidikan kasus Noven. Beliau mengapresiasi upaya penyidik dan memberikan beberapa informasi tambahan," ungkapnya.

Kompol Rizka menegaskan bahwa penyidik akan terus mengirimkan perkembangan kepada pihak korban. Beberapa saksi yang berasal dari media sosial juga akan diperiksa ulang untuk mencocokkan dengan bukti yang telah didapatkan.

Kendati demikian, Kompol Rizka menyebut bahwa dalam hal sidik jari belum dapat disimpulkan bahwa pelaku berhasil menghilangkan jejaknya, tetapi sidik jari masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Demikian juga, sidik jari yang ditemukan belum dapat diidentifikasi dengan pasti.

"CCTV dan identifikasi wajah masih dalam proses peningkatan dan penelitian. Orangtua korban memberikan respon positif terhadap upaya penyidik, dan mereka berharap agar pelaku segera tertangkap. Saat ini, proses penyidikan masih berlanjut untuk mengungkapan kasus ini," katanya.