BOGOR, CEKLISSATU - Pengamat Politik, Yusfitriadi menyebut Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan "mencuri kesempatan" untuk kampanye pada gelaran Bogor Fest 2023.

Yus mengatakan, Iwan secara terbuka menyalahgunakan kekuasaannya (abuse of power) dengan mempertontonkannya pada kegiatan tersebut. Salah satunya adalah dengan hanya mengundang satu anggota DPR-RI, yakni Fadli Zon.

"Hal itu dipertontonkan oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di depan masyarakat kabupaten bogor yang hadir dalam acara Bogor Fest. Dimana iwan setiawan diduga hanya mengundang Fadli Zon, sebagai DPR-RI Daerah Pemilihan Kabupaten Bogor," kata Yus dalam keterangannya, Senin 28 Agustus 2023.

Baca Juga : BPN Buka Pelayanan untuk Masyarakat di Bogor Fest

Terlebih, lanjut Yus, dalamdalam sambutanya Fadli Zon dengan terbuka meminta masyarakat memilih kembali Iwan Setiawan sebagai Bupati dalam pada Pilkada mendatang, jika program Bogor Fest ini ingin berlanjut. 

"Fenomena inilah salah satunya merusak demokrasi dan cacat. 
Karena demokrasi bukan dirusak oleh siapapun namun di rusak dari dalam oleh penyelenggara pemerintahan," cetusnya.

Yus juga menyebutkan, bahwa Iwan sebagai kepala daerah secara tidak langsung telah mengajarkan masyarakat Kabupaten Bogor untuk berpolitik tidak baik.

"Ini kan jadi persoalan, lain halnya jika Plt Bupati Bogor mengundang seluruh anggota DPP-RI Daerah Pemilihan Kabupaten Bogor. Tapi juga menekankan bahwa tidak boleh ada upaya politisasi acara yang dibiayai APBD tersebut," jelasnya.

Karenanya, dia menyesalkan tindakan tidak terpuji Plt. Bupati Bogor tersebut. 

"Belum jadi bupati sudah menyalahgunakan kekuasaan seperti itu, bagaimana kalau sudah jadi bupati definitif yang kewenangan menjadi full," kata Yus.

ERUL