JAKARTA, CEKLISSATUMenangis adalah reaksi yang dikeluarkan biasanya saat sedih, namun tak jarang juga saat gembira kita menangis. Saat marah atau frustasi pun terkadang seseorang mengeluarkan air mata.

Menangis identik dengan bayi dan perempuan. Namun, bukan berarti pria tak boleh menangis sama sekali.

Meski terkesan lemah, ternyata menangis itu memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat menangis untuk kesehatan fisik dan mntal.

Baca Juga : Sedang Marah? Lakukan Ini untuk Mengendalikan Emosi

1. Memperbaiki suasana hati

Dengan menangis biasanya membuat suasana hati merasa lebih baik, karena saat menangis tubuh sedan melepaskan racun dan hormon yang tak terhitung jumlahnya dalam meningkatkan stres. Dengan menurunkan tingkat stres, menangis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

2. Menjaga dan melindungi fungsi mata

Air mata yang dikeluarkan saat menangis dapat menjaga mata teap terhidrasi dengn baik, dengan begitu kemampuan mata dalam memfokuskan objek jadi lebih tajam.

Selain itu, menangis juga melindungi mata dari berbagai zat asing yang masuk ke mata seperti debu. Air mata juga mengandung lisozim, yakni bahan kimia antibakteri kuat yang membantu melawan infeksi.

3. Membantu membersihkan hidung

Saat menangis hidung mengeluarkan lendir yang dapat membantu untuk membersihkan hidung, dimana saluran air mata sebenarnya terhubung ke bagian dalam hidung kita. Itu artinya, ketika menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata tapi juga saluran hidung Anda dari berbagai iritan (zat yang mengiritasi).

4. Memperkuat hubungan dengan orang lain

Dengan menangis akan membuat orang lain dapat melihat perasaan dan emosi yang tidak dapat kita ungkapkan dengan kata-kata, sehingga ini dapat meningkatkan ikatan emosional yang lebih dalam, terutama antara keluarga, teman, dan orang-orang sekitar kita.