LIB Ketuk Palu Liga 1 Gunakan 8 Pemain Asing

JAKARTA, CEKLISSATU - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepakbola nasional akhirnya mengetuk palu penerapan regulasi delapan pemain asing di Liga 1 Indonesia 2024-2025.

Keputusan ini diutarakan langsung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB 2024.

“Soal Regulasi pemain asing sudah ditetapkan ada 8 pemain asing,” ucap Ferry Paulus selepas RUPS PT LIB di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/24).

Ferry Paulus menambahkan bahwa klub bebas memilih pemain dari negara mana saja. Namun hanya enam asing yang bisa bermain dalam satu lapangan.

"Delapan asing bebas, baik itu dari Asia atau non Asia. Delapan-delapannya ada di daftar susunan pemain, namun hanya bisa bermain enam orang di atas lapangan,” jelas pria yang kerap disapa FP ini.

“Jadi nanti di bench ada 23 pemain, asing berganti asing. Intinya maksimal hanya boleh enam pemain asing di atas lapangan."

Regulasi penggunaan pemain asing kali ini memang berbeda dari musim lalu. Di Liga 1 musim 2023-2024 regulasi pemain asing adalah 5+1 di mana lima pemain bebas dari benua mana saja sementara satu pemain wajib dari Asia Tenggara.

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan ketentuan penggunaan pemain asing untuk klub-klub Liga 1 Indonesia pada musim kompetisi 2024/2025.

Ferry menjelaskan, selain bisa didatangkan dari negara apa saja, pemain asing yang bisa bermain dalam setiap laga juga diberlakukan secara bebas baik dari negara-negara di Asia semua maupun yang bukan Asia.

Meski demikian, pemain asing di daftar susunan pemain yang menjadi cadangan hanya bisa bermain menggantikan pemain asing yang bermain lebih dahulu.

"Nanti ada delapan pemain asing di daftar susunan pemain, enam pemain bermain, lalu dua lagi (cadangan) hanya bisa menggantikan pemain asing lain," imbuh Ferry.

Ketentuan ini berbeda dengan yang diterapkan pada musim kompetisi sebelumnya di mana pemain asing bisa bermain menggantikan pemain lokal maupun sebaliknya.

Kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 akan mulai bergulir pada 9 Agustus yang diawali dengan duel antara juara Liga 1 musim lalu Persib Bandung melawan klub promosi PSBS Biak.

Pada musim kompetisi mendatang tiga klub akan berlaga sebagai klub promosi yaitu PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United menggantikan tiga klub yang didegradasi yaitu Persikabo 1973, Bhayangkara FC, dan RANS Nusantara.