YOGYAKARTA, CEKLISSATU - Pasangan Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue meraih gelar juara turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 setelah meraih kemenangan melawan ganda putri Korea Selatan, Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon.

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7/2024), Chen/Liu naik podium tertinggi setelah mengalahkan pasangan asal Negeri Ginseng itu dua gim langsung dengan skor 21-11, 21-15.

Pada pertandingan ini, Chen/Liu mengaku mempersiapkan diri dengan baik menghadapi turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Dengan persiapan yang matang, Chen/Liu bisa mempersembahkan gelar buat Negeri Tirai Bambu, baik di sektor campuran maupun individu.

“Permainan kami hari ini sudah lebih baik. Kami mempersiapkan diri dengan maksimal dan hasil yang diperoleh juga sangat baik bagi kami,” ungkap Liu Jia Yue.

Dengan gelar juara di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 membuat pasangan Chen/Liu menambah koleksi gelar juara sebelumnya yang diraih pada German Junior 2024 dan Dutch Junior International 2024. 

Chen/Liu mengaku bersyukur mendapatkan kesempatan dari Federasi Bulutangkis China untuk bisa bertanding di kejuaraan dunia dan Asia. Keduanya dapat membayar kesempatan tersebut dengan mampu mempersembahkan gelar juara untuk China.

“Terima kasih kepada Federasi Bulutangkis China (CBA) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk bertanding. Kami senang dan bisa membayar kepercayaan tersebut dengan melangkah ke final dan menjadi juara di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024,” ujar Liu Jia Yue.

Kemenangan Chen/Liu di final BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 atas Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon menjadi yang kedua setelah pada perjumpaan sebelumnya di semifinal ajang German Junior 2024, mereka juga menang dengan skor 21-11, 21-12.

Bagi Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue gelar juara di Kota Pelajar diharapkan bisa berlanjut pada BWF World Junior Championships 2024 mendatang. Terlebih lagi acara tersebut akan digelar di depan publik sendiri di Nanchang, China pada 30 September hingga 13 Oktober mendatang.

“Kepercayaan diri kami tinggi setelah meraih gelar juara BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Secara keseluruhan kami puas dengan kemenangan gelar ini dan ingin bermain lebih baik di turnamen berikutnya,” ungkap Chen Fan Shu Tian.

Dengan hasil ini untuk sementara China sudah mengoleksi tiga gelar di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Dua gelar sebelumnya disumbangkan Xu Wen Jing (tunggal putri) dan Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (ganda putra).

Xu meraih gelar juara setelah menumbangkan rekan satu negaranya, Yin Yi Qing dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-15. Adapun pasangan Hu/Lin meraih kemenangan dengan skor 21-13, 21-11 atas ganda putra Malaysia, Kang Khai Xing/Aaron Tai.

Wakil Negeri Tirai Bambu lainnya berpotensi menambahkan gelar juara yakni Hu Zhe An (tunggal putra) dan Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan (ganda campuran).