JAKARTA, CEKLISSATU - Saat ini Ukraina membutuhkan pesawat tempur F-16 dibanding pesawat tempur era Soviet MiG-29 yamg saat ini digunakan untuk melawan Rusia.

Komandan udara Ukraina Serhiy Holubtsov mengatakan bahwa meskipun sumbangan jet tempur MiG-29 era Soviet oleh sekutu merupakan "langkah penting", pesawat itu tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan medan perang Ukraina.


Tapi Holubtsov menyatakan, meski pesawat tempur era Soviet lebih baik daripada tidak sama sekali, mereka tidak akan mampu melawan kekuatan angkatan udara Rusia sepenuhnya.


"F-16 adalah pesawat tempur yang telah menjadi pesawat multi peran yang dapat memenuhi seluruh spektrum tugas udara. Sayangnya MiG-29 adalah (pesawat) dari abad terakhir," katanya di televisi nasional.


Anggota NATO Polandia dan Slovakia baru-baru ini mulai menyerahkan jet tempur MiG-29 ke Ukraina, karena Kyiv bersiap untuk serangan balasan yang sangat dibanggakan untuk merebut kembali wilayah yang diduduki oleh Rusia.


Holubtsov mengatakan ada kemungkinan pilot asing menerbangkan jet Ukraina, tetapi mereka hanya akan berguna ketika menerbangkan pesawat yang telah mereka latih.


Dia juga mengatakan bahwa dua pilot Ukraina telah menjalani tes di AS untuk menilai keterampilan mereka, yang menurutnya "berhasil" dan dapat menyebabkan "pemendekan yang signifikan" dari waktu pelatihan yang diperlukan untuk pilot Ukraina.


Dalam kunjungan ke Warsawa pada hari Rabu, Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan dia yakin Polandia akan mengambil peran utama dalam membentuk "koalisi" kekuatan Barat yang memasok pesawat tempur ke Ukraina. Warsawa membantu menggembleng dukungan untuk pasokan tank awal tahun ini.


Selama kunjungan Zelenskiy, Polandia menjanjikan 10 MiG-29 lagi ke Ukraina di atas empat yang sudah disediakan.


Setiap koalisi donor F-16 kemungkinan akan bergantung pada dukungan dari AS, yang sejauh ini merupakan operator dan pembuat pesawat terbesar.


Washington telah mengesampingkan pengiriman jet F-16 ke Ukraina untuk saat ini, dan pejabat AS memperkirakan waktu paling cepat yang dibutuhkan untuk pelatihan dan pengiriman adalah 18 bulan.