JAKARTA, CEKLISSATU - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akan menjadi terdakwa pada kasus penyuapan terhadap seorang bintang porno pada tahun 2016 silam.


Trump didakwa melakukan pembayaran tutup mulut pada sebelum pemilihan presiden. Sedangkan rincian kasusnya masih belum dirilis ke publik.


Dewan juri telah memilih untuk mendakwanya setelah menyelidiki pembayaran $130.000 kepada Stormy Daniels dalam upaya untuk membungkamnya atas dugaan perselingkuhan.


Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan Alvin Bragg, yang telah melakukan penyelidikan, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menghubungi pengacara Trump untuk mengkoordinasikan penyerahannya atas tuduhan yang tidak ditentukan.


Mantan presiden, yang saat ini tinggal di Florida, diperkirakan akan terbang ke New York pada Senin dan diadili di pengadilan pada Selasa, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada CBS News.


Tuduhan dalam dakwaan akan dibacakan kepadanya di persidangan, yang dijadwalkan berlangsung sekitar 10-15 menit.


Dinas Rahasia Amerika Serikat - yang bertugas melindungi pejabat dan mantan presiden AS - akan bertanggung jawab atas keamanan untuk penampilan di pengadilan.