BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan, pembangunan hunian tetap (huntap) di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan terealisasi di 2024, dari 3.800, tahun ini 3.100 sudah rampung termasuk infrastruktur sarana dan prasarana lainnya.


"Huntap itu anggarannya hanya 62 juta, jadi kalau 62 sejadinya begitu tidak ada atap, plafon, dan plester,"ungkapnya, saat melakukan kunjungan kerja Bogor Keliling (Boling) di Kecamatan Sukajaya, pada Rabu, 4 Oktober 2023.


"Jika sampai bagus itu nantinya sampai Rp100 juta. Kalau kita lihat huntap itu sudah manusiawi lah, tinggal jalur air saja yang belum di beberapa tempat. Mungkin tahun ini bisa selesai," ungkapnya.

Baca Juga : Huntap di Sukajaya Tak Akan Selesai hingga Jabatan Iwan Habis


Selain itu, kata diaz terkait usulan beberapa kepala desa minta realisasi pendidikan gedung-gedung sekolah minta untuk segera dilaksanakan.


"Saya belum tahu itu semua jumlah sekolah. Namun, bertahap untuk pembangunan yang terdampak bencana. Kami tidak akan meninggalkan Sukajaya. Karena empat tahun kemarin paling banyak untuk anggaran daerah hanya Sukajaya," terangnya.


Iwan melanjutkan, empat tahun lalu pihaknya masih off road. Tapi sekarang sudah betonisasi dan sudah bagus dari Harkat Jaya sampai Pasir Madang ini, tinggal mungkin nanti dibantu oleh Samisade.


Kemudian terkait tempat tinggal zona merah, Iwan mengatakan, memang mayoritas Sukajaya dan Cigudeg ini dari kajian Geologi banyak merah.


"Tapi kita juga tidak bisa mencari tempat lain, karena mayoritas dikuasai HGU. Makanya kita meminimalisir walaupun zona merah," tutupnya. (M agung)