JAKARTA, CEKLISSATU - BPJS Ketenagakerjaan kembali meluncurkan fitur baru yang tersedia dalam aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) untuk memberikan kemudahan bagi pekerja Indonesia.

Pengembangan aplikasi kali ini datang melalui fitur Tanya 175. Dengan fitur ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus pengguna JMO dapat mengetahui informasi mengenai program dan manfaat bagi pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia mengatakan pengembangan JMO memang terus dilakukan oleh pihaknya semata-mata bertujuan agar layanan Informasi BPJS Ketenagakerjaan dapat dinikmati kapan dan dimanapun oleh peserta.

"Fitur Tanya 175 yang hadir pada aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) ini salah satu upaya kami untuk terus meningkatkan pelayanan. Peserta dapat menyaksikan talkshow Tanya 175 dengan konten pembahasan seputar jaminan sosial Ketenagakerjaan," jelas Roswita, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/1/2024).
"Saat ini sudah tersedia 7 pembahasan, ke depannya tentu akan terus dilakukan penambahan konten sesuai dengan kebutuhan dan juga keperluan guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan," sambungnya.

Diketahui hingga Desember 2023, jumlah pekerja yang telah menggunakan JMO sebanyak 21 juta pekerja, dan pengguna aktif sepanjang tahun 2023 sebanyak 14 juta pekerja.
Tahun 2024 ini ditetapkan BPJS Ketenagakerjaan sebagai tahun untuk memajukan inovasi agar peserta merasakan journey terbaik dan berujung pada loyalty dan engagement yang tinggi kepada BPJS Ketenagakerjaan.

"Seperti kampanye kami Kerja Keras Bebas Cemas, informasi yang kami sediakan ini, kami harapkan mampu mengedukasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta mengenai program dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan," ungkap Roswita.

"Dengan sudah terinformasinya akan mendorong pekerja yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan dirinya, karena dengan terdaftar, mereka dapat bekerja dengan keras karena risiko kerjanya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cilandak, M Izaddin berharap pekerja dan masyarakat dapat memanfaatkan berbagai inovasi fitur yang telah tersedia di Jamsostek Mobile seperti fitur Tanya 175.

 “Semoga ini mempermudah masyarakat khususnya pekerja untuk mengenal lebih jauh seputar program dan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Izaddin.