BANDUNG, CEKLISSATU-- Bayu Aji pria kelahiran 1973, selama lima tahun tidur di emperan jalanan di sudut Kota Bandung di Jalan Japati, Kota Bandung Jawa Barat.

Tapi bukan gelandangan. dirinya memang sudah terbiasa tidur dengan serba Keterbatasan. Namun, siapa sangka ternyata mampu menciptakan charger portabel dari barang barang rongsokan.

Seperti pelek bekas sepeda, ban bekas, dinamo, bekas pulpen hingga ganggang permen Loly.

Menurut Bayu Aji, menciptakan charger portabel itu karena dirinya yang hidup tanpa listrik. Dengan kemampuannya, saat dulu duduk dibangku STM,  Ia praktekan dengan menciptakan hal hal yang inovatif.

Baca Juga : 2 ABK Asal Cianjur Disiksa hingga Pembuluh Darah Pecah

"Karena kan saya suka berpergian, dan hidup dijalan tanpa listrik sehingga saya buat charger ini bukan hanya bisa isi daya baterai handphone tetapi laptop juga,"kata Bayu Aji, Kamis (2/2/2023).

Bayu Aji menceritakan, tidak jarang ojek online atau pengguna jalan yang melintas di jalan itu berhenti dan menanyakan charger portabel itu. Termasuk ikut menumpang mengisi daya.

"Tapi ini gak di komersilkan, hanya buat keperluan pribadi, dan untuk mengisi daya itu sekitar satu jam dengan cara di putar pelek itu,"katanya.

Bayu aji juga mengatakan, dirinya juga kerap menerima tawaran penggilan dari warga, untuk membetulkan barang-barang elektronik seperti tv, kulkas dan lainya.

"Ia saya suka ada panggilan benerin tv, tapi tv tabung, dan kulkas termasuk handphone,"katanya.

Untuk penghasil sekali panggilan  itu dirinya dibayar mulai dari Rp 25 ribu rupiah hingga Rp 75 ribu rupiah.

"Alhamdulillah saya bisa hidup gak minta minta, kondisi seperti ini saya sudah alami sejak lima tahun ini setelah istri saya meninggal, jarang pulang ke rumah,"katanya.

Bayu Aji menceritakan tentu ada rasa sedih yang dialami. Apalagi tidur emperan jalan. Meksipun dengan ditutupi saung plastik air hujan yang masuk masih saja ada.

"Kalau ada angin kencang hujan deras pasti bocor meskipun dilapisi beberapa plastik,"ungkapnya.