BOGOR, CEKLISSATU - Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) IPB University, melalui Program Peningkatan Kapasitas Ormawa menggagas program Desa Cerdas di Desa Sinarsari Kabupaten Bogor, berkolaborasi dengan komunitas sosial Dedikasi Kita untuk meningkatkan minat literasi generasi muda dan masyarakat Desa Sinarsari.


Dedikasi Kita merupakan komunitas yang bergerak dibidang pengabdian kepada masyarakat mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi hingga lingkungan. Dalam perjalanannya komunitas Dedikasi Kita banyak memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dibeberapa wilayah di Indonesia, kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh Dedikasi Kita adalah penanaman 4000 pohon bakau di Pulau tidung,

Baca Juga : IPB University Raih 5 Penghargaan dalam Ajang Perhumas PR Excellence Award 2023

Kepulauan Seribu dalam rangka mengperingati hari mangrove sedunia.  Dalam bidang pendidikan komunitas ini banyak mengadakan kegiatan pengembangan softskills anak-anak muda yang dilaksanakan dalam bentuk webinar dan turun langsung ke sekolah-sekolah. 

IMG-20230921-WA0143.webp
Direktur Dedikasi Kita (Doc Tim PPKD Humasiter)

Melalui kolaborasi ini Dedikasi Kita memberikan donasi buku kepada pemerintah Desa Sinarsari untuk mengisi pojok literasi yang dibangun oleh Himasiter IPB melalui PPKO Desa Cerdas 2023, pemberian donasi buku ini diterima langsung oleh Kepala Desa Sinarsari beserta jajarannya. Qomardiansyah selaku Direktur Dedikasi Kita dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Himasiter IPB yang berinisiatif untuk membangun pojok literasi guna meningkatkan minat literasi di Desa Sinarsari, ia berharap melalui kolaborasi ini kedepan dapat melaksanakan program lanjutan yang berfokus pada bidang Pendidikan, ekonomi, dan juga lingkungan. 


 Literasi memiliki peran sentral dalam Pendidikan, dengan kemampuan literasi yang baik, generasi muda mampu membaca dan memahami teks-teks akademik yang kompleks, termasuk jurnal ilmiah, buku teks, dan artikel penelitian serta buku bacaan lainnya untuk memperluas wawasan. Dengan adanya gerakan peningkatan minat literasi di desa diharapakan  akan membantu menumbuhkan kesadaran bagi generasi penerus khususnya setiap siswa dan siswi serta generasi muda bahwa kegiatan membaca, menulis, menghitung, menyimak dan berbicara ( mengungkapkan pedapat, ide atau pun pemikiran lainnya) merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan karena dapat mendatangkan berbagai manfaat di masa mendatang. 

IMG-20230921-WA0141.webp
Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) IPB University, melalui Program Peningkatan Kapasitas Ormawa menggagas program Desa Cerdas di Desa Sinarsari Kabupaten Bogor, berkolaborasi dengan komunitas sosial Dedikasi Kita untuk meningkatkan minat literasi generasi muda dan masyarakat Desa Sinarsari.


 Dedikasi kita pun menyambut baik kolaborasi ini untuk mewujudkan Desa Sinarsari yang cerdas, setelah penyerahan buku Himasiter IPB bersama Dedikasi Kita mengunjungi pojok Literasi yang sudah dibangun dan hamper selesai di Desa Sinarsari. “Melihat kondisi dilapangan kami merasa banyak kecocokan program antara tim PPKO Himasiter dan Dedikasi Kita, Kami punya program Kita Pintar dan Kita Peduli serta program strategis lainnya. Kedepan kita harus lanjutkan program ini untuk mengabdikan diri kepada masyarakat”, Tambah Qomar.