CIANJUR, CEKLISSATU - Sekitar 150 orang gabungan dari 27 Ketua RT dan RW serta organisasi kepemudaan mendatangi kantor Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi, Cianjur,Jawa Barat menuntut Kepala Desa Sukatani Tedi Setiadi mundur dari jabatannya. Lantaran, tidak proaktif dalam pelayanan masyarakat dan selalu mengambil keputusan sendiri tanpa ada musyawarah.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Sukatani Dedi Khoerudin (46) mengatakan,  mosi tidak percaya terhadap kinerja Kepala Desa Sukatani tersebut,  karena Kepala Desa Sukatani banyaknya pelanggaran dalam menentukan sikap kebijakan.

Selain  itu kata Dedi, kurang proaktif dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya tidak pernah melaksankan Musyawarah Desa ( Musdes)  dan musyawarah pembangunan lainnya, mengangkat perangkat desa tidak menempuh prosedur , tanpa seleksi dan langsung ditetapkan kepala Desa. 

Baca Juga : Diah Pitaloka Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Sosialisasikan 4 Pilar


Seluruh penyerapan pembangunan dilakukan sendiri dengan tanpa melibatkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) desa dan banyak kesamaan lainnya.

"Mosi tidak percaya terhadap Kepala Desa Sukatani tersebut, seluruhnya sudah tercatat dalam berita acara musyawarah seluruh Para Ketua RT/RW yang ditandatangani bersama dan Kepala Desa Sukatani dituntut segera mengundurkan diri dan tidak dikabulkan oleh Bupati Cianjur, maka seluruh ketua RT/RW akan mengundurkan diri dengan cara serentak dan seluruh masyarakat akan turun melakukan unjuk rasa dengan kekuatan lebih banyak lagi," pungkasnya.

Sementara itu Camat Haurwangi Muhamad Fatah Rizal menerangkan, dilaksanakannya musyawarah dengan adanya mosi tidak percaya terhadap Kepala Desa Sukatani  dan belum  hasil yang memuaskan bagi warga. Pihaknya kata Fattah  akan menindak lanjuti dengan cara yang persuasif supaya  masyarakat dengan Kepala Desanya  kembali kondusif.

"Jika masih tidak bisa ditangani pihak kecamatan maka akan dimusyawarahkan sesuai mekanisme tentu saja dengan pihak Pemkab Cianjur, khusunya dengan  DPMD Kabupaten Cianjur dengan itu semoga permasalahan itu terlaksana dengan kondusif ", Ucapnya.

Dari pantauan  dilapangan sebanyak kurang lebih 150 orang warga terdiri dari 27 Ketua RT, 10 Ketua RW, BPD, LPM, Karangtaruna, Kasiwer Posyandu dan tokoh masyarakat Desa Sukatani 
Warga tuntun mundar Kepala Desa tersebut, dimusyawarahkan di aula desa yang dihadiri Camat, Semnat, Kasi PPM Kasi Yanum , Kasi trantib beserta anggota  dan nampak hadir pula Bhabinkamtibmas ,Babinsa,  jajaran anggota Polsek Bojongpicung dan jajaran pengurus ARWT Kecamatan Haurwangi.
Aksi warga ini akhirnya bubar menjelang magrib dan belum ada hasil yang diinginkan oleh warga.