JAKARTA, CEKLISSATUPria berinisial AWK pemilik akun @calonistri71600 yang juga terduga pengancam tembak Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan telah ditangkap kepolisian.

"Pada hari ini Sabtu, 13 januari 2024 jam 9.30 WIB pelaku yang mencuitkan di medsos tentang pengancaman penembakan terhadap salah satu paslon sudah ditangkap," ungkap Kadiv Humas Polri, Irjen Shandi Nugroho, Sabtu (13/1/2024).

Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail karena masih didalami. "Namun lebih dalam mohon waktu saat ini tim tengah mendalami," jelasnya.

Baca Juga : Jelang Pemilu, RSMM Bogor Sediakan Layanan Healing Bagi Caleg yang Alami Gangguan Kejiwaan

Berdasarkan foto yang beredar, terduga pelaku tampak sudah dimasukkan ke dalam mobil untuk dibawa ke kantor polisi.

Pria tersebut terlihat mengenakan kaus berwarna cokelat muda. Dia didudukkan di kursi tengah penumpang mobil.

Sementara itu, Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan institusi Polri atas gerak cepat karena telah mengamankan pelaku yang mengancam menembak dirinya. 

Ancaman tersebut beredar di media sosial beberapa waktu lalu.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kapolri dan institusi Polri. Sehingga pemilu ini dapat berjalan dengan kondusif dan damai," ucap Anies Baswedan kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Anies Baswedan mengatakan, ancaman terhadap nyawa dan menggunakan kekerasan fisik itu jelas berada di luar batas kebebasan berpendapat dan bisa menganggu kebebasan berpendapat itu sendiri. 

Sehingga, apa yang dilakukan Kepolisian justru merupakan salah satu langkah dalam melindungi kebebasan berpendapat.

"Ini penting, sebab perlindungan terhadap kebebasan berpendapat berlaku untuk semua dan terhadap semua. Bukan hanya terhadap capres atau pejabat publik, tapi untuk seluruh rakyat," tuturnya.