JAKARTA, CEKLISSATU Polandia bakal mengirimkan jet tempur MiG-29. Polandia adalah negara NATO pertama yang bakal mengirimkan jet tempur ke Ukraina.

Ukraina berulang kali menyerukan kepada sekutu-sekutu Barat untuk mengirimkan pesawat tempur, terutama jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS), namun sejauh ini belum ada negara Barat yang berkomitmen mengirimkan jet tempur ke Kiev, seperti dilansir dari AFP, Jumat 17 Maret 2023.

Presiden Polandia, Andrzej Duda dalam pengumuman pada Kamis 16 Maret 2023 waktu setempat, menyatakan Polandia akan mengirimkan empat jet tempur MiG-29 ke Ukraina
Baca Juga : Amerika Tak Akan Kirim Jet Tempur untuk Ukraina

Pengiriman jet tempur itu disebut sebagai gelombang pertama, yang berarti akan ada gelombang selanjutnya untuk pengiriman jet tempur oleh Warsawa ke Ukraina.

"Dalam beberapa hari mendatang kami pertama-pertama akan mentransfer (jet tempur) jika saya ingat dengan benar, empat pesawat yang beroperasi penuh ke Ukraina," ucap Duda kepada wartawan. 

Sebelum mengumumkan pengiriman jet tempur, Polandia telah memelopori upaya pengiriman lebih banyak peralatan militer ke Ukraina dan meyakinkan negara-negara Barat lainnya untuk mengikuti langkahnya.

Duda menjelaskan bahwa Polandia saat ini memiliki selusin atau lebih jet tempur MiG yang diwarisi dari bekas Republik Demokratik Jerman.

"Jet tempur MiG ini masih beroperasi dalam Angkatan Udara Polandia. Jet tempur ini ada pada tahun-tahun terakhir operasional, namun sebagian besar masih berfungsi penuh," tutup Duda.