BOGOR, CEKLISSATU - Jajaran Kepala Bidang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor beserta petugas lapangannya digembleng materi soal tata cara perbaikan kerusakan jalan oleh CEO PT. Mulia Karya Sabat, Ronald A Sinaga atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bro Ron.


Pemberian materi yang dikemas dalam workshop itu disaksikan langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Kadis PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina di kantor Dinas PUPR Kota Bogor, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal pada Senin, 27 November 2023.


Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan bahwa dirinya melihat harus ada evaluasi secara teknis pekerjaan pemeliharaan di Kota Bogor karena jangan selalu menyalahkan musim hujan, sebab menurutnya pasti ada teknik yang belum tepat.

Baca Juga : Gelar Apel Siaga, Bawaslu Kota Bogor Siap Mengawasi Tahapan Kampanye Pemilu 2024


"Makanya mengundang Pak Ronald Sinaga karena sangat paham secara teknis, dan memang terlihat walaupun agak mahal biayanya untuk perawatan maupun perbaikan, tetapi tidak disarankan lagi memakai aspal coldmix untuk pemeliharaan, harus pake aspal hotmix," ucapnya.


Atas saran Bro Ron, Bima pun menyebut bahwa anggaran untuk perbaikan jalan kemungkinan akan lebih besar walaupun begitu dirinya menilai meskipun anggaranya besar diawal tetapi lebih kuat untuk jangka panjang.


"Jadi ini evaluasi pemeliharaan, termasuk saya minta mengevaluasi penggunaan beton, menurut Pak Ronald tadi penggunaan beton tidak tepat sebetulnya, melainkan tetap menggunakan aspal asalkan pondasinya kuat," jelasnya.


Selain itu, Bima menekankan bahwa setelah mendapat pemaparan yang jelas dari ahlinya yakni Bro Ron, tentu kedepan pembangunan maupun perbaikan jalan di Kota Bogor bisa dilakukan secara teknis pekerjaan yang tepat dan sesuai.


"Tentunya apa yang disampaikan Pak Ronald itu dapat menghemat biaya pemeliharaan, menghemat waktu agar tidak bolak balik melakukan perbaikan, dan saya minta semuanya bisa langsung menerapkan apa yang disampaikan Pak Ronald Sinaga. Saya juga minta Kadis PUPR menghitung ulang semuanya sehingga ada konsekuensinya pada penganggaran di tahun 2024," ungkapnya.


Sementara itu, Ronald Sinaga alias Bro Ron menilai bahwa Kota Bogor cukup unik, spesial karena disebut Kota Hujan. Mengingat aspal ini musuhnya air, jadi salah satu prioritasnya teknik pengerjaan di musim hujan, tipe material yang dipakai itu aspal dingin (coldmix).


"Karena tipe materialnya di musim hujan itu memakai aspal dingin, tadi saya sarankan kalau bisa setelah musim hujan segera perbaiki, banyak yang rusak, lebih baik diganti dengan aspal panas (hotmix) karena aspal panas ini tanah lama bisa bertahun tahun selisihnya," katanya.