BOGOR, CEKLISSATU – Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniwan memastikan pasokan distribusi air untuk pelanggan tetap aman. 

Hal itu dikatakannya usai meninjau lokasi longsor di Desa Kampung Ciburial, Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Kamis 6 Juni 2024.

Pasca longsor, akses menuju sumber air di wilayah tersebut masih tertutup genangan air setinggi 1-3 meter di sekitar Mata Air Tangkil.

Baca Juga : Longsor Tutup Akses Warga di Kampung Ciburial Bogor, Perumda Tirta Pakuan Bantu Turunkan Alat Berat

Rino mengatakan, Perumda Tirta Pakuan saat ini sedang fokus pada penanganan material longsor yang menutup akses jalan dan saluran air pembuang overflow dari mata air Tangkil.

“Pihak Perumda Tirta Pakuan memastikan pelayanan air bersih ke wilayah Rancamaya, Ciawi, Harjasari dan sekitarnya masih normal,” kata Rino kepada wartawan, Kamis 6 Juni 2024.

“Potensi longsor masih tetap ada, apalagi curah hujan masih tinggi. Kami akan terus memonitor dan bekerja cepat jika suatu saat terjadi emergency,” tambahnya.

Baca Juga : Imbas Polemik Bos PDAM, Komisi IV DPRD Kota Bogor Ikut Ingatkan Netralitas ASN dan BUMD

Rino menjelaskan, peran perusahaan atas kejadian ini adalah melakukan pekerjaan emergency, untuk tidak terjadi longsor lanjutan yang berdampak lebih berat.

“Jadi, kita bersama warga sekitar memastikan aliran sungai mengalir secara normal, dengan mengangkut material longsoran menggunakan alat berat. Kemudian, memastikan akses jalan ke kantor kita disana dapat dilalui,” ujarnya.

Selain itu, Rino berharap dinas terkait yang ada di Pemkab Bogor bisa segera juga melakukan penanganan atas bencana ini.