JAKARTA, CEKLISSATU - Pencalonan Muhaimin Iskandar sebagai Bacawapres di Koalisi Perubahan untuk Persatuan ditanggapi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui mekanisme partai. Rencananya hal tersebut akan dibawa ke sidang Majelis Syuro PKS.


“Kami mengacu pada anggaran dasar kami di PKS sesuai pasal 16 anggaran dasar ayat 2 huruf i, menyatakan bahwa kewenangan untuk menetapkan kebijakan partai berkenaan dengan pemilihan Presiden dan atau Wakil Presiden Republik Indonesia adalah Majelis Syuro,” terang Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangan persnya di Kantor DPTP PKS Jakarta, Sabtu 2 September 2023.


Ahmad Syaikhu menambahkan pada musyawarah Majelis Syuro yang ke-8 PKS telah menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai Bacapres yang diusung oleh PKS. Adapun rekomendasi nama Bapak Muhaimin Iskandar sebagai Bacawapres Insya Allah akan diusulkan untuk dibahas pada musyawarah Majelis Syuro PKS.


“Majelis Syuro sebagai majelis permusyawaratan tertinggi partai yang keanggotaannya terdiri dari perwakilan anggota PKS dari seluruh Indonesia,” terangnya.


Nama Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa muncul sebagai Bacawapres untuk mendampingi Anies Baswedan yang diusung oleh Koalisi Persatuan untuk Perubahan. Langkah ini menimbulkan reaksi dari Partai Demokrat yang memutuskan untuk keluar dari koalisi.


Dalam deklarasi Bacapres dan Bacawapres yang digelar di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu 2 September 2023 tidak terlihat atribut parpol PKS di sekitar lokasi acara. Hanya Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi yang menghadiri acara tersebut.